Restorasi Toyota Crown Penyebar Virus VIP

Toyota Crown memang sudah 'lawas', tapi Adit Kodok mampu mengubahnya jadi lebih berkesan istimewa dan mewah.

Selasa, 01 Maret 2016 12:30
Toyota Crown (foto: Otosia)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sedan putih bergaya VIP elegan ini bukan cuma jadi perhatian orang, tapi rasa penasaranlah yang justru menjadi daya pikat tersendiri, terutama bagi kaum hawa. Memang sudah sedari lahirnya, Toyota Crown Royal Saloon lansiran 2005 ini memiliki kharisma berbeda dibanding sedan sejenisnya.

Desain luar yang aerodinamis membuat sedan ini selalu jadi incaran modifikator untuk merubah tampilannya menjadi lebih eksklusif, namun tak menghilangkan kesan eleganitas dari sedan tersebut.

Misalnya besutan Adit 'kodok'. Jika dilihat sekilas, tak ada guratan istimewa yang dipamerkan. Sang pemilik hanya mengkastem bumper depan dan belakang supaya tidak terlihat standar. Sementara side skirts, silkblaze, ducktail dan roof spoiler diganti oleh part original asli dari Jepang.

"Karena di Indonesia part orisinil Crown susah nyari copotannya, makanya barang-barang itu semuanya gue order dari Jepang. Ya makan waktu sih, tapi memuaskan," kata Adit.

Perubahan paling menonjol terlihat pada fender yang sudah diubah hingga menjadi radius 19 cm. "Fungsinya biar bisa jalan dalam kondisi rendah/ceper, tapi tetap bisa belok," imbuhnya.

Awalnya, Adit berniat untuk memodifikasi sedan ini ke arah drift. Makanya konsentrasi awal, tertuju pada mesin. Raungan suara racing, tercipta lewat penambahan blueprint engine driftworks 2GR yang dikeluarkan lewat 4 buah knalpot model remus. Kemudian kinerja fujitsubo full exhaust piping 2.5 inch menambah daya pacu untuk sedan ini.

Jangan ditanya soal kecepatan maksimum sedan ini, karena ia telah meraih tropi '1st place' untuk dyno attraction. "Gue suka mobil ini gak cuma buat kontes, tapi gue juga selalu pake buat harian, kecuali kalau ke luar kota atau ke luar negeri, he-he-he," kata dia.

Melongok ke sektor kabin, interior sedan ini sudah dibaluti dengan Re-trim original leather seat. "Biar keliatan gak dekil aja sih, motifnya cuma ditambah sedikit kerut-kerutan," paparnya. Kemudian terdapat beberapa ornamen lain seperti dildo bubble shiftknob serta wood panel trunk, fungsinya biar tetap terkesan luxury.

Sementara di bagasi terdapat tangki, kompresor dan Psi tacho Viair, serta universal air button 4ch, yang berfungsi untuk menaikkan dan menceperkan suspensi.

"Seru aja sih nyetir mobil yang udah gak standar. Tapi sulitnya kadang suka gak bisa melewati jalanan yang terlalu curam, juga area yang gak luas, lantaran terlalu ceper," urai Adit.

Konsep VIP Elegan yang menjadi tujuan utama Adit dalam men-dressup sedan ini terlaksana sudah. Makanya Adit memperkuat kaki-kakinya dengan upper arm driftworks. Kemudian pada velgnya disematkan DPE Forging Wheels width 10.5 - 11.5, Offset -15 sampai -30, supaya terlihat chamber.

"Jadi intinya pendek bukan juga karena bumper yang 'gondrong'. Biar terlihat lebar, gue juga nambah wide body dikit, agar makin manis," cetusnya.

Kabarnya, usai mendulang beberapa tropi diberbagai event, seperti best VIP, best saloon, 1st place dyno attraction, Adit berencana untuk menjual 'santai' sedan ini. Dia beralasan untuk menebarkan 'virus' VIP Elegan ke semua orang.

"Gue sih sebenernya mau menyebarluaskan mobil bergaya VIP. Terus beli mobil VIP lagi untuk dibangun dan dijual lagi. Agar di Indonesia makin banyak lagi pecinta VIP. Jadi gak kalah sama Thailand," pungkasnya.

Spesifikasi

Mobil: Toyota Crown 2005

Eksterior: Custom Front bumper Job Design, Original sideskirts, Custom Rear bumper Aimgain, Original Silkblaze Ducktail and roof spoiler, Radius Fender 19 Cm front + Custom Fender Vent, Radius rear fender + Door 19 cm, Originally Tom's aero grills, Custom Leather pillars

Interior: Retrim Original leather car seat, Dildo bubble shiftknob, Wood panel trunk, Viair tank, Viair Comperessor, Viair Psi tacho, Original Universal air button 4ch

Audio: Headunit pioneer, venom speaker , 3way intersys, subwoofer calearo triple magnet double coil, power 4ch a/d/s, monoblock momentum

Mesin: 2GR Blueprint engine (all internal engine TRD), Stainless steel fujitsubo full exhaust Piping 2.5 inch, 4 muffler tip remus (all work), driftworks 2GR LSD

Undercarriege: Universail air suspension 4ch, Viair Compressor, upper arm driftworks, Custom front and rear camber, R20 DPE Forging Wheels width 10.5 - 11.5 , Offset -15 sampai -30

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/nzr/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami