Restorasi Motor Zaman Perang, Alternatif Buat Pendakian

Buat Anda yang demen menikmati suasana alam bebas, karya modifikasi dari basik Moto Guzzi berikut bisa menjadi teman setia dalam mengarungi beratnya medan pegunungan.

Senin, 14 Desember 2015 20:15
Restorasi Motor Zaman Perang, Alternatif Buat Pendakian Moto Guzzi Autoveicolo Da Montagna by Bikeexif

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Bukan cuma Can-Am Spyder atau Polaris Slingshot saja yang terkenal dengan motor roda tiga dengan kemampuan luar biasa. Tapi modifikasi berikut bahkan bisa melibas berbai medan berat dan super terjal seperti pendakian gunung sekalipun.

Buat Anda yang demen menikmati suasana alam bebas, motor dari basik Moto Guzzi berikut bisa menjadi teman setia dalam mengarungi beratnya medan pegunungan.

Desainnya yang unik dan fungsi roda-roda berselip rantai besi yang memang dirancang husus sebagai motor 'go-anywhere' atau kendaraan segala kondisi, membuatnya layak disebut Autoveicolo Da Montagna (mountain car) hingga ia pun sempat dipergunakan sebagai salah satu kendaraan alutsista tentara Italia.

Meski secara teknis performanya sangat menawan, tapi ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan hingga membuatnya harus berhenti diproduksi.

1 dari 1 Halaman

Detail

Detail

Pengembangan karakter dasarnya sesusungguhnya sangat sederhana: membangun kendaraan yang bisa menggantikan roda-roda orisinal dengan kaki-kaki Alpini untuk menggaruk tanah dataran tinggi. Contoh desain yang sebelumnya sudah ada adalah The Motorworld by .Sheyanov. yang sekarang ini dipajang dalam sebuah museum di Rusia.

Orang berbakat dibalik restorasi ini yakni sang maestro Constantino Frontalini yang juga menciptakan museumnya sendiri untuk berbagai motor-motor langka. Mesin yang dipakai untuk versi lawasnya sebenarnya berjenis single silinder 500cc yang sudah dipermak dan dikawinkan dengan 3X2 Motocarro Militare.

Tapi setelah zaman banyak berubah, ia lantas diganti dengan dapur pacu 750cc Carcano V7. Dengan konfigurasi sedemikian rupa, motor ini memiliki kemampuan luar biasa dengan sanggup melewati kemiringan tanjakan 31 derajat.

Tapi di masa lalu, ia malah sering menemui kegagalan hingga membuat pemerintah Italia harus menghentikan produksinya pada tahun 1963, karena beberapa tentara meninggal akibat kecelakaan saat mengoperasikannya.

(kpl/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami