Resmi, Johann Zarco Hengkang dari KTM

Kerja sama Johann Zarco dan Red Bull KTM Factory berakhir di MotoGP 2019.

Senin, 12 Agustus 2019 22:15
Resmi, Johann Zarco Hengkang dari KTM Johann Zarco (Autosport.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pada MotoGP 2020 mendatang Johann Zarco tak akan lagi membalap bersama Red Bull KTM Factory. Ya, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kolaborasinya di musim ini.

Keputusan itu diumumkan pada Senin (12/8/2019), sehari setelah CEO KTM, Stefan Pierer mengaku secara blak-blakan lewat Speedweek bahwa Zarco telah meminta pemutusan kontrak. Pertemuan pun mereka lakukan di sela pekan balap MotoGP Austria di Red Bull Ring akhir pekan lalu.

Mengutip dari Bola.net, Zarco yang merupakan dua kali juara dunia Moto2, sempat tampil garang dalam dua musim perdananya di MotoGP bersama Monster Yamaha Tech 3. Meski begitu, ia sangat kesulitan beradaptasi dengan motor RC16 sejak hijrah ke Red Bull KTM Factory Racing pada akhir musim lalu.

1 dari 2 Halaman

Kesepakatan 2 Pihak

imageKesepakatan 2 Pihak

"Johann Zarco dan Red Bull KTM takkan menyelesaikan musim kedua dari kontrak berdurasi dua tahun pada 2020. Sang mantan juara dunia Moto2 dan tim pabrikan sepakat untuk mengakhiri kiprahnya di tim oranye pada akhir 2019.

"Rider 29 tahun ini bergabung dengan KTM pada akhir 2018 usai musim keduanya di MotoGP, dan untuk pertama kalinya mendapat dukungan penuh dari pabrikan. Zarco mencoba mengadaptasikan gaya balapnya dengan KTM RC16 dan tim telah berusaha keras merakit mesin #5 sesuai keinginan dan kebutuhan rider Prancis tersebut, sementara sang tandem, Pol Espargaro konsisten lolos ke sesi Q2 dan bertarung di posisi 10 besar.

"Pada akhirnya, baik Johann maupun tim telah memutuskan untuk tak melanjutkan proyek kerja sama mereka pada 2020, dan kini akan fokus secara maksimal untuk menjalani delapan seri terakhir dan bulan-bulan tersisa di MotoGP 2019."

2 dari 2 Halaman

Statistik Zarco di KTM

imageStatistik Zarco di KTM

Dalam 11 seri pertama musim ini, hasil terbaik Zarco adalah finis di posisi 10 dalam pekan balap MotoGP Catalunya, Spanyol pada Juni lalu. Ia tercatat sekali start dari barisan terdepan, yakni dari posisi ketiga dalam pekan balap MotoGP Brno, Ceko pekan lalu.

KTM belum menentukan siapa yang akan jadi pengganti Zarco. Kepada Speedweek, CSO KTM, Hubert Trunkenpolz, mengaku ingin menandemkan sang test rider, Dani Pedrosa dengan Espargaro, namun Pedrosa telah memutuskan pensiun dari MotoGP akhir musim lalu dan telah menegaskan tak mau kembali balapan.

Sumber: Bola.net

(kpl/crn)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami