Renault Duster Dapatkan Skor Buruk untuk Keamanan, Bagaimana dengan Versi Indonesia?

GlobalNCAP memberikan nilai 0 pada safety mobil ini, namun bagaimana dengan Duster yang ada di Indonesia?

Senin, 15 Mei 2017 09:30
Renault Duster (foto: GlobalNCAP)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Salah satu produsen asal Eropa, yakni Renault baru saja berhasil menelurkan Renault Kwid di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa baik Renault maupun para penggiat dan pemasar otomotif di Indonesia punya perhatian lebih pada pasar mobil Renault.

Namun nampaknya hal tersebut tak sepadan dengan eksistensi Renault Duster, karena ternyata Renault Duster punya masalah pada sisi keamanan. Setidaknya, untuk Renault Duster yang dipasarkan di India, mobil ini punya skor 0!

Hal tersebut dibuktikan oleh Global NCAP yang merilis sebuah video tes tabrak pada sebuah Renault Duster yang dipasarkan di India. Mobil berformat SUV ini mengalami kerusakan parah, bahkan membuat mobil separuh hancur karena test tabrak.

Dua bagian terpenting pada mobil yakni crumple zone mengalami kehancuran total, bahkan kerusakan tersebut menyentuh bagian pilar depan dimana kabin pengemudi berada. Otomatis membuat skor dari Renault Duster mendapat nilai 0.

Keamanan yang cukup fatal untuk bagian penumpang dewasa sedikit 'terobati', dengan skor 2 yang diberikan untuk keamanan bagi penumpang infant atau anak-anak di bawah 5 tahun. Hal tersebut disebabkan oleh alpanya airbag di dua bagian mobil.

Untungnya Renault Duster yang mendapatkan nilai 0 pada keamanan ini adalah Duster yang dipasarkan di India. Sementara Duster yang dipasarkan di Indonesia sudah diperlengkap dengan airbags termasuk ABS+EBD+Brake Assist serta engine immobiliser.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami