Rem Cakram Karatan, Mitos atau Fakta?

Tapi kondisi jalan yang basah dan licik, bahkan dipenuhi genangan air, bisa memengaruhi kerja berbagai komponen, terutama pada bagain rem.

Jum'at, 04 Mei 2018 21:15
Foto Ilustrasi by Liputan6.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Keberadaan rem di kendaraan menjadi komponen yang penting. Tetu saja, komponen ini bisa membantu pengendara untuk berhenti, bahkan mendadak sekalipun.

Tapi kondisi jalan yang basah dan licik, bahkan dipenuhi genangan air, bisa memengaruhi kerja berbagai komponen, terutama pada bagain rem.

Rem cakram umumnya terbuat dari baja, walaupun ada juga yang berbahan karbon tanpa pelapis antikarat. Hal ini membuat rem cakram cukup rentan mengalami korosi atau karat.

Namun, taukah kamu ternyata rem cakram tak bisa berkarat?

"Justru dia nggak terpengaruh sama hujan dan segala macam. Mungkin itu hanya mitos yang ada di masyarakat seperti itu tapi pada kenyataannya nggak (karat). Dia nggak terpengaruh oleh hujan," kata Rangga kepada Liputan6.com.

Terlepas dari mitos, Rangga menjelaskan baik kampas rem tromol maupun cakram, bahwa ada hal yang harus dihindari, yakni terkena minyak atau oli.

"Jangan sampai permukaannya menyentuh minyak atau oli karena itu akan mengurangi efek pengereman," ujarnya.

Menurutnya, jika rem cakram berkarat apalagi karena terkena hujan, sudah pasti hal itu akanmerugikan banyak pengendara motor.

"Rem cakram setahu saya belum pernah ada karat, kecuali ada reaksi kimia ya seperti terkontaminasi tadi yang saya bilang misalnya ada bahan yang memang merusak piringan itu sendiri. Tapi kalau dalam pemakaian normal sejauh ini saya belum pernah melihat piringan cakram sampai karatan," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami