Rekomendasi Motor Bebek Harga Rp16 Jutaan, Cocok Jadi Alternatif Matik

Setidaknya ada 3 motor bebek seharga Rp16 jutaan yang ditawarkan oleh 3 pabrikan berbeda.

Jum'at, 26 Februari 2021 16:15
Rekomendasi Motor Bebek Harga Rp16 Jutaan, Cocok Jadi Alternatif Matik Motor bebek Honda Revo X (AHM)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pamor motor bebek di Indonesia memang kian meredup. Sempat berjaya di era 1990 sampai 2000 awal, popularitasnya perlahan tergantikan oleh skuter matik (skutik). Dengan harga beda tipis, penggunaannya memang jauh lebih praktis.

Namun, beberapa pabrikan di Indonesia masih menawarkan motor bebek dengan harga terjangkau. Berdasarkan pantauan redaksi Otosia, per Februari 2021, setidaknya ada 3 produk yang ditawarkan sekitar Rp16 jutaan. Berikut rekomendasinya:

 

1 dari 3 Halaman

Honda Revo X

Dari PT Astra Honda Motor (AHM), ada Honda Revo X yang dibanderol Rp16,605 juta (OTR Jakarta). Dengan harga terjangkau, bisa dibilang motor bebek ini bukanlah kendaraan yang bertabur fitur, lampunya masih bohlam, instrumen panel analog, dan belum menggunakan ban tubeless.

Mesinnya juga cenderung kecil, berkapasitas 110 cc air-cooled bertenaga 8,91 ps dan torsinya sebesar 8,76 Nm. Tapi, dengan spesifikasi tersebut, Honda Revo X diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit, mencapai 62,2 km/liter.

2 dari 3 Halaman

Yamaha Vega Force

Bagi para loyalis pabrikan berlogo garpu tala, bisa memiliki Yamaha Vega Force. Motor bebek ini dipasarkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan harga yang juga terjangkau, yakni Rp16,665 juta (OTR Jakarta) atau lebih mahal Rp60 ribu saja dari Honda Revo X.

Berkapasitas 114 cc, Yamaha Vega Force mendapat asupan tenaga sebesar 9,71 ps dengan torsi maksimum 9,53 Nm. Motor bebek ini juga masih menggunakan lampu bohlam dan instrumen panel analog, tapi bagasinya terbilang besar di kelasnya, mencapai 9,2 liter.

3 dari 3 Halaman

Suzuki Smash FI

Yang terakhir ada dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2Wheels, yakni Suzuki Smash FI. Sebenarnya, motor bebek ini memiliki 2 varian dengan harga berbeda, tapi sama-sama di angka Rp16 jutaan, yakni Suzuki Smash SR FI yang dibanderol Rp16,85 juta dan Rp16,1 juta untuk Suzuki Smash R FI (OTR Jakarta).

Pembedanya hanyalah tipe velg dan pilihan warna. Pada Suzuki Smash R FI tersemat velg jari-jari atau spoke-wheel, sedangkan Suzuki Smash SR FI dibekali velg palang atau cast-wheel. Mesin keduanya sama persis, 113 cc berpendingin udara yang menghasilkan tenaga 9,38 ps dan torsi maksimum 9,1 Nm.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami