Regulasi Eco Green Car Akan Segera Diajukan ke Presiden

Aturan mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) dalam waktu dekat akan diserahkan ke presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini penyusul akan ditetapkannya sebuah platform bersama antara pemerintah, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan agen pemegang merek (APM).

Kamis, 19 April 2012 15:05
Ilustrasi konsep mobil ramah lingkungan dari Toyota (Foto: Nazar Ray)
Editor : Anton
Kapanlagi.com - Aturan mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) dalam waktu dekat akan diserahkan ke presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini penyusul akan ditetapkannya sebuah platform bersama antara pemerintah, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan agen pemegang merek (APM).

"Kita dari Pemerintah, APM, sudah sepakat mengenai penyerahan regulasi tersebut. Mungkin sekitar dua minggu lagi regulasinya akan kami tetapkan dan kita serahkan ke Presiden," kata M.S Hidayat, Menteri Perindustrian baru-baru ini.

Regulasi tersebut menurut Hidayat telah memperhitungkan dan terkait dengan insentif fiskal soal perubahan skema pengurangan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) menjadi cukai. Aturan itu nantinya, kata Hidayat, telah memperhatikan kebutuhan masing-masing, baik di sisi teknologi kapasitas mesin dan rencana pengembangan bisnisnya.

"Menyangkut pajak kami dari pihak Pemerintah akan coba membantu," katanya. Kalangan APM sendiri sebelumnya telah memberikan masukan kepada pemerintah mengenai hal teknis dan non teknis kendaraan ramah lingkungan.

Sementara Johnny Darmawan, Ketua Umum III Gaikindo, menyatakan pemerintah perlu memberikan insentif pajak untuk kendaraan hijau dan irit bahan bakar.

"Contohnya di banyak negara kendaraan hybrid mendapatkan insentif pajak, dan pemerintah sudah semestinya memberikan dukungan terhadap teknologi kendaraan yang efisien bahan bakar dan ramah lingkungan," tandas Johnny.

APM lain, Nissan, sudah menyatakan komitmennya untuk menghadirkan eco green car dan berharga terjangkau di Indonesia. Carlos Ghosn, CEO Niisan Motor Co., Ltd (NMC), beberapa waktu lalu telah menemui presiden SBY untuk menjelaskan rencana pengembangan bisnis barunya di Indonesia dan membawa kendaraan baru yang hijau dan murah.

"Kami mendorong adanya program green car yang regulasinya tengah disusun pemerintah Indonesia. Nissan sangat mendukung program ini dan berharap untuk percepatan ratifikasi tersebut," ujar Ghosn.

Nissan sudah menyatakan menghidupkan merek Datsun sebagai brand global ketiganya bersama Nissan dan Infiniti. Merek Datsun diposisikan sebagai mobil dengan harga terjangkau dan irit BBM, sehingga diharapkan memberikan pengalaman berkendara berkesinambungan bagi konsumen di Indonesia. Sebagai tahap awal Datsun akan memperkenalkan dua model kendaraan pada tahun 2014 mendatang. (kpl/nzr/bun)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami