Redefinisi 'Cafe Racer' pada Ducati 999

Istilah 'cafe racer' akhir-akhir ini tengah kembali marak digunakan. Istilah yang kerap dipakai untuk mengobarkan semangat motor balap tua era 70an ini di-redifinisi-kan oleh Robert Steffano.

Selasa, 17 September 2013 13:15
Ducati 999 milik Robert Stefano
Editor : Sony

Otosia.com - Istilah 'cafe racer' kian menggejala belakangan dengan membangkitkan kembali semangat motor balap tua era 1960-1970an atau di kisaran era itu. Utamanya, modifikasi ada pada bentuk membulat di bagian depan sebagai penanda era awal dari aerodinamika dalam bentuk kompak lewat fairing. Lain dari itu adalah bentuk buritan yang juga agak pendek serta membulat.

Seorang pemilik Ducati 999 bernama Robert Steffano pun masih melaju pada tren yang sama. Namun dia coba meredefinisi 'cafe racer' lewat bentuk yang agak sedikit berbeda.

Ducati 999 kreasi Robert Steffano

Motor ini dinamai Ducati Cafe9. Bentuknya ajaib, terkesan pada bagian ujung-ujung motor tersebut, yaitu batok lampu dan windshield, serta knalpot. Rupa batok motor itu tidak umum. Windshield-nya hampir setengah memperlihatkan organ dalam speedometer dan ruang lampu depan atas. Sementara itu, lampunya pun ada dua, dengan susunan atas-bawah.

Ia mengaku bahwa sasis-nya dirombak dan diganti dengan bahan serat karbon sehingga bobotnya terpangkas sekitar 9 kg dari aslinya.

Hasil rombakan di bagian batok kepala

knalpotnya pun kian mentereng dengan dominasi warna krom. Menggunakan pipa yang lekukan di sudut tengahnya nyaris 90 derajat, sebuah ujung knalpot besar pun terlihat mendominasi bagian buritan. Knalpot itu bahkan sekaligus menjadi buritan pada bodi motor.

Buritan Ducati 999 milik Steffano

Karya Steffano, yang mengelola rumah modifikasi Kosman Specialties di Windsor, California, ini pun mendapat apresiasi langsung dari Ducati. Pada suatu kesempatan, si cafe racer abad XXI ini 'diundang' tampil dalam ajang Goodwood Festival of Speed di Inggris.

(kpl/why/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami