Recall Mobil Model 2021, Subaru Disebut Salahkan Karyawan Pabrik

Subaru mengumumkan recall untuk Subaru Outback 2021 dan Subaru Impreza 2021. Penarikan kembali di Amerika Serikat itu lantaran didapati adanya masalah pada mur CVT yang tidak dikencangkan secara tepat.

Kamis, 04 Februari 2021 13:15
Recall Mobil Model 2021, Subaru Disebut Salahkan Karyawan Pabrik Subaru Outback (Carscoops)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Dua mobil Subaru masuk dalam daftar penarikan kembali atau recall. Menariknya dua mobil itu merupakan produk model tahun 2021, yakni Subaru Outback 2021 dan Impreza 2021 di Amerika Serikat.

Dilansir dari Carscoosp, recall itu dilakukan lantaran saat proses perakitan, mur kabel tuas CVT tidak dikencangkan sebagaimana seharusnya oleh pekerja pabrik. Mereka disebut menggunakan teknik kunci torsi yang tidak tepat, meskipun sudah dilatih untuk melakuka pekerjaan itu.

Alhasil, gear selector pada mobil bisa jadi tidak berfungsi dengan benar. Menurut National Highway Traffic Safety Administartion (NHTSA) setidaknya ada 338 mobil yang terimbas recall ini dengan tingkat kerusakan 40 persen.

 

1 dari 2 Halaman

Subaru Impreza (Carscoops)

Rinciannya, Subaru Outback 2021 yang terimbas merupakan model yang dirakit antara 14 dan 21 Desember 2020. Sedangkan Subaru Impreza 2021 dirakit antara 14 dan 18 Desember 2020.

"Seorang rekanan yang bekerja di jalur produksi antara tanggal yang ditentukan diketahui menggunakan teknik kunci torsi yang tidak tepat," begitu catatan dari NHTSA.

2 dari 2 Halaman

Masalah itu diketahui saat pengambilan sampel di jalur perakitan pada 21 Desember 2020 pada satu kendaraan. Saat ditemukan masalah itu, produsen asal Jepang lalu melakukan penyelidikan internal dan menemukan ada 91 kendaraan yang dbuat oleh pekerja yang sama dan mengalami gangguan. Keputusan recall ini sebenarnya diambil bulan lalu dan hingga kini belum ada laporan kecelakaan atau cedera akibat kasus tersebut.

Subaru akan mengirimkan pemberitahuan kepada konsumennya pada 19 Februari 2021. Dealer Subaru juga sudah diinformasikan utnuk memeriksa semua mobil dan mengencangkan mur secara gratis.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami