Recall Diam-Diam PCX, Honda: Kalau Tidak Dapat Surat Tak Usah Datang

Honda sudah mengirimkan surat pemberitahuan untuk perbaikan Honda PCX kepada para konsumennya. Honda juga meminta konsumen tak khawatir jika tak mendapatkan surat.

Selasa, 18 Februari 2020 15:45
Recall Diam-Diam PCX, Honda: Kalau Tidak Dapat Surat Tak Usah Datang Honda PCX (AHM)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - PT Astra Honda Motor (AHM) rupanya sudah melayangkan surat kepada ribuan pemilik Honda PCX sejak tahun lalu. Hal ini diketahui dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Pernah ada surat pemberitahuan. Ada kerusakan dan akan diperbaiki, bukan sepeda motor ingin ditarik," terang Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktur Jenderal Perhbungan Darat Kemenhub, Sigit Irfansyah kepada Liputan6.com, Senin (17/2/2020).

Data yang diperoleh dari Kemenhub, recall Honda PCX ini disebabkan oleh adanya kerusakan komponen sprocket cam. Ada setidaknya 3.930 unit Honda PCX yang terimbas.

1 dari 2 Halaman

Sementara itu menurut General Manager Corporate Communications AHM, Ahmad Muhibbudin, surat tersebut berkaitan dengan pemeriksaan motor matik gambot itu. Mekanisme dan jumlahnya pun sudah disampaikan kepada Kemenhub.

"Mekanisme pemberitahuannya memang ada beberapa poin, dan kami memilih melakukan yang efektif dan efisien, hanya yang bermasalah yang dipanggil. Kalau tidak dapat suratnya, ya tidak usah datang," jelas Muhib kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon.

2 dari 2 Halaman

Sekedar informasi, jika berdasarkan peraturan memang PT AHM wajib melaporkan adanya recall ke Kemenhub. Hal tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 53 Tahun 2019, Tentang Tata Cara Penarikan kembali Kendaraan Bermotor, yang berlaku mulai 12 Agustus 2019.

Namun, dalam peraturan tersebut juga dikatakan, tidak diwajibkan pabrikan yang melakukan recall harus mengumumkan ke publik.

"Ini kan sudah dari tahun lalu, jadi konsumen tidak perlu khawatir. Jika tidak mendapat undangan, tidak perlu datang," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami