Rebutan Hak Cipta Beetle, VW Menang

Tidak bisa dipungkiri bahwa desain mobil Volkswagen Beetle memang menarik. Meski mobil ikonik itu kini menuju hari 'kematiannya', karakter desainnya susah untuk dilupakan.

Sabtu, 22 Juni 2019 19:15
Rebutan Hak Cipta Beetle, VW Menang VW Beetle versi restorasi (Carscoops)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Tidak bisa dipungkiri bahwa desain mobil Volkswagen Beetle memang menarik. Meski mobil ikonik itu kini menuju hari 'kematiannya', karakter desainnya susah untuk dilupakan.

Sayangnya, tentang hak cipta desain Beetle sempat jadi soal. Hak cipta itu menjadi persoalan antara VW dan anak perempuan Erwin Komenda.

Melansir Carscoops, anak perempuan Komenda menuntut uang sebesar EUR 5,7 juta atau Rp 91,6 jutaan (Kurs EUR 1 = Rp 16.073) sebagai kontribusi ayahnya pada desain Beetle. Klaim itu terbatas pada Beetle yang dibangun seak 2014, karena undang-undang pembatasan.

Menurut klaimnya, model Beetle yang diproduksi sejak 2014 dan seterusnya masih menampilkan elemen desain ayahnya. Elemen ayng digunakan dalam tiga generasi itu terjual lebih dari 22 juta unit selama lebih dari 70 tahun masa produksi.

1 dari 1 Halaman

Tak Bisa Membuktikan

Tak Bisa Membuktikan

Namun, setelah memeriksa dua gambar dari tahun 1934 yang diduga dibuat oleh Komenda, pengadilan memutuskan untuk menolak klaim hak cipta pada VW Beetle.

Penggugat juga tidak bisa membuktikan bahwa ayanya berpartisipasi mendesain KdF VW, yang merupakan pendahulu Beetle yang diproduksi pada 1938 dan didesain oleh Ferdinand Porsche.

Erwin Komenda bekerja dengan Ferdinand Porsche pada 1930-an juga utnuk perusahaan Porsche setelah Perang Dunia II. Dia meninggal pada tahun 1966.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami