Federal Oil Sabet Penghargaan IBBA 2022 untuk Kategori Pelumas Motor Matic

Oleh Nazarudin Ray pada 06 Des 2022, 15:14 WIB
Diperbarui 06 Des 2022, 15:14 WIB
Federal Oil Sabet Penghargaan IBBA 2022 untuk Kategori Pelumas Motor Matic
Federal Oil empat kali berturut-turut meraih penghargaan IBBA (ist)

Otosia.com, Jakarta PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) melalui merek Federal Oil mendapatkan penghargaan pada ajang Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2022 untuk kategori pelumas matic kendaraan bermotor.

Penghargaan ini merupakan program tahunan yang digelar oleh Majalah SWA bekerjasama dengan Mars Research Indonesia sebagai lembaga independen yang melakukan survey dan penilaian.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Berturut-turut

Federal Oil Sabet Penghargaan IBBA 2022 untuk Kategori Pelumas Motor Matic
Pelumas motor matic Federal Oil (Otosia.com/Nazar Ray)

Penghargaan yang diterima secara empat kali berturut-turut sejak tahun 2019 ini mendapatkan predikat Best Brand Gold 2022, dan diterima langsung oleh perwakilan EMLI yang hadir.

"Ini adalah salah satu pencapaian yang istimewa menjelang akhir tahun 2022, bahwa produk Federal Matic™ masih menjadi pilihan utama yang relevan bagi pengguna motor matic di tanah air. Kami dengan bangga sekali menerima penghargaan ini." Ujar Sri Adinegara selaku selaku Market Development

Menurut Sri Adinegara, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan terhadap Federal Oil sebagai merek yang dipercaya mampu menjawab kebutuhan konsumen.

“Kami yakin, bahwa penghargaan IBBA 2022 ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri bagi konsumen dalam mendapatkan pelumas yang sesuai rekomendasi ahli untuk motor mereka agar menjadi lebih nyaman" tukasnya.

Variabel Penilaian

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penentuan indeks IBBA menggunakan beberapa variabel penilaian, di antaranya, Brand Awareness (popularitas merek), Ad-Awareness (popularitas iklan), Satisfaction & Loyalty Index (tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan), Brand Share (pangsa pasar), dan Gain Index (potensi pertumbuhan merek di masa akan datang) yang akan bermuara pada Brand Value (nilai atau kualitas merek).

Penghargaan ini berdasarkan survei yang dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia dengan metode multistage random sampling, dan dilakukan pada lebih dari 5.000 responden untuk mengetahui merek terbaik dari berbagai kategori produk.

Pada Agustus 2022, Federal Oil kembali mengadakan program Sobek Berhadiah (Sober) yang diperuntukkan bagi konsumen dengan ratusan ribu hadiah menarik, seperti motor matic, logam mulia, voucher belanja, dan hadiah lainnya. Program Sober 2022 ini diperpanjang hingga akhir Februari 2023.

Indonesia Original Brand

Sebelumnya pada awal Desember 2022 lalu Federal Oil juga meraih predikat Indonesia Original Brand (IOB) 2022 dari majalah yang sama. Penghargaan ini diberikan secara khusus kepada merek-merek Indonesia yang diselenggarakan secara virtual.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar performa merek dan eksistensinya di Indonesia selama bertahun-tahun. Federal Oil sendiri telah hadir selama 34 tahun di pasar otomotif tanah air.

Adapun cara penilaian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei independen yang melibatkan 5.500 responden yang tersebar di beberapa kota besar yaitu Medan, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Surabaya dan Makassar.

Superbrands

Koleksi predikat bergengsi lainnya di tahun ini adalah penghargaan prestisius dari Superbrands untuk kategori pelumas kendaraan bermotor.

Sebelum penghargaan Superbrands diberikan, penyelenggara sebelumnya telah mengkaji merek-merek maupun korporasi terbaik di Indonesia berdasarkan lima kriteria, yaitu dominasi pasar, jangka waktu yang panjang, niat baik, kesetiaan konsumen, dan  penerimaan pasar.

Untuk menentukan brand yang pantas mendapatkan penghargaan, Superbrands menggandeng The Nielsen Company Indonesia melakukan survei pada pelanggan. Riset dilakukan di kota-kota besar di Indonesia, seperti  Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, dan berbagai kota lainnya. 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya