Turbo Bastard, Pelek Lokal Pertama Pakai Sistem Turbodisc dengan Harga Terjangkau

Oleh Nazarudin Ray pada 03 Sep 2022, 12:08 WIB
Diperbarui 03 Sep 2022, 12:08 WIB
Pelek Turbodisc
Dua varian pelek Turbo Bastard (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta Road to OLX Autos IMX 2022  menjadi saksi peluncuran produk pelek dengan Turbodisc bernama 'Turbo Bastard’. Model pelek yang pertama kali hadir di balap Formula 1 ini punya tampilan unik dan fungsional.

Menurut Car Enthusiast, Abdul Gofar Hilman, pemilihan nama Turbo Bastard berasal dari karakter produknya itu sendiri. Produk ini merupakan penggambaran kualitas produksi produk lokal aftermarket yang semakin kompetitif dibanding dengan produk dari luar negeri yang sudah lebih popular.

"Saya memang ada ketertarikan terhadap desain pelek dengan menggunakan   Turbodisc. Sebelumnya juga sempet memutuskan mau bikin pelek custom sendiri buat pemakaian pribadi, tapi   keinginan saya akhirnya bisa terealisasi setelah bertemu NMAA, dan   Pako Wheels untuk diluncurkan dalam ajang Road to OLX Autos IMX 2022  di Bali," ungkap Abdul Gofar Hilman. 

 

Video Terpopuler saat Ini

Untuk Sedan Hatchback dan Small MPV

Pelek Turbo Bastard hadir dengan ukuran 15 x 7 inci Et 38. Dengan spesifikasi tersebut dipastikan pelek ini dapat dipasang di lebih banyak varian mobil.

Turbo Bastard menghadirkan ukuran PCD 4x100 yang dapat dipasang pada mobil berjenis hatchback dan sedan, sementara ada pula PCD 4x114 untuk mobil-mobil small MPV.

Bicara soal bobot, Turbo Bastard lebih ringan jika dibandingkan dengan pelek jenis casting Hal ini disebabkan pelek tersebut diproduksi dari campuran bahan material alumunium, magnesium dan nikel, secara total memiliki bobot 6,8 kilogram.

 

Harga

Pelek dengan model palang lima tipe Dashing dibanderol seharga Rp 5,9 juta, dan sudah termasuk cover dan heksagonal pada hub roda. Sementara itu, Turbodisc dijual terpisah dengan banderol Rp 1,8 juta.

Pelek Turbo Bastard saat ini sudah bisa dipesan melalui marketplace dengan jumlah terbatas sebanyak 80 set untuk ukuran PCD 4x100 dan 20 set untuk ukuran PCD 4x114. Pelek ini tersedia dalam varian warna hitam dan putih sesuai selera.

Peluncuran pelek tersebut juga menarik perhatian para komite Rekor Otomotif Indonesia (ROI). Atas kelebihan pelek Turbo Bastard, ROI menganugerahkan apresiasi dan penghargaan kepada pelek buatan lokal tersebut dengan kategori, “Velg Lokal Pertama di Indonesia yang Menggunakan Sistem Turbodisc”.

“ROI selalu berupaya mengapresiasi insan otomotif Indonesia yang telah berupaya menghasilkan karya dan prestasinya dalam memperkaya dan memajukan industri otomotif di Indonesia, ujar Tomi Gunawan, Founder ROI.

 

Pemilihan Bali

Bali menjadi rangkaian Road to OLX Autos IMX 2022, karena pulau ini dikenal dunia memiliki eksotisme berbalut budaya lokal. Beragam  tempat wisata mulai dari pantai, danau, dan desa wisata. Belakangan   ini Bali juga tengah mengembangkan konsep wisata otomotif.

Kehadiran  konsep wisata otomotif sekaligus mengukuhkan bahwa Bali sebagai one stop tourist destination untuk para wisatawan asing dan domestik untuk melihat beragam kreasi dari tangan kreatif pegiat industri otomotif khususnya modifikasi.

Selama dua hari IMX Bali digelar akhir Agustus lalu, animo para automotive enthusiast yang mencakup pecinta modifikasi kendaraan roda dua dan roda empat cukup tinggi.

 

Tema Kalcer Dewata

Menutup gelaran series Road to OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2022, Bali menjadi kota ke-7 yang disambangi. Dalam tema besar ‘Kalcer Dewata’, suguhan berbeda ditampilkan dalam ajang  pemanasan terakhir ini sebagai wujud pengembangan industri modifikasi aftermarket melalui suguhan wisata otomotif.

"Tema Kalcer Dewata memiliki banyak makna sebagai korelasi dari dua  irisan yang saling terhubung. Pemilihan tema tersebut menghadirkan konsep wisata otomotif, sekaligus mendorong geliat perkembangan  industri otomotif lokal di Bali," ujar Andre Mulyadi, IMX Project Director.

Lebih jauh, pemilihan tema roadshow ini menjadi momentum memaknai nilai kearifan budaya lokal serta  kebangkitan industri otomotif.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya