Jangan Bingung, Ini Cara Mudah Temukan Nomor Sasis dan Nomor Kendaraan

Oleh Ahmad Muzaki pada 25 Agu 2022, 09:05 WIB
Diperbarui 25 Agu 2022, 09:05 WIB
Ilustrasi mobil (Otosia)
Ilustrasi mobil (Otosia)

Otosia.com, Jakarta Dalam beberapa kesempatan para pemilik kendaraan harus mengetahui nomor sasis dan nomor kendaraan. Biasanya nomor sasis bisa dicek melalui STNK, yakni 6 digit terakhir pada Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK). Sedangkan nomor kendaraan biasanya berada pada bagian mesin.

Perlu diketahui juga bahwa peletakan tempat nomor kendaraan atau nomor sasis berbeda-beda setiap kendaraan. Biasanya tempatnya cukup tersembunyi yang tak semua orang bisa menemukannya.

Namun sebenarnya ada beberapa tempat pasti yang patut diperiksa untuk mengetahui kedua nomor ini. Di mana? Berikut ulasan selengkapnya!

Video Terpopuler saat Ini

Cara Mengecek Nomor NIK Pada Mobil

1. Cek dokumen kendaraan

Apabila tidak bisa mengecek mobil saat ini atau tidak mau mengelilingi kendaraan untuk mencari NIK, ada beberapa dokumen yang seharusnya mencantumkannya. Beberapa dokumen yang dapat dicek yaitu:

- Surat Bukti Kepemilikan Kendaraan- Kartu Registrasi- Buku Panduan untuk Pemilik Kendaraan- Dokumen Asuransi- Catatan Perbaikan Bengkel - Laporan Polisi- Laporan Riwayat Kendaraan

2. Lihat pada dasbor kendaraan

Pada sebagian besar mobil, NIK Kendaraan sering berada di bagian kanan bawah dasbor. Lebih tepatnya pada jendela kaca depan di sisi pengemudi mobil.

3. Periksa pada sisi pintu pengemudi

Biasanya terdapat stiker NIK pada bagian kusen pintu pengemudi maupun pada frame pintu pengemudi

Note :

- Apabila stiker NIK berada pada frame pintu pengemudi, stiker seharusnya persis berada di bawah ketinggian spion

- Nomor NIK juga bisa terdapat pada bagian frame pintu pengemudi bagian dalam, dekat sabuk pengaman sopir

4. Buka kap mobil

Jika telah mengecek pada sisi pengemudi namun tidak menemukan NIK mobil, Otolovers dapat membuka bagian kap mobil serta melihat pada bagian depan blok mesin mobil. NIK bisa berada pada bagian tersebut.

 

NIK Mobil

5. Periksa Kerangka Kendaraan

Terkadang NIK dicantumkan di depan kerangka kendaraan, di dekat wadah cairan pembersih kaca depan.

6. Periksa pada bagian kerangka ban serep

Apabila memiliki ban serep di bagasi dan masih juga belum menemukan NIK kendaraan, maka segera buka bagasi kendaraan, ambil ban serep, dan lihat tempat penyimpanan ban tersebut. NIK kendaraan mungkin tercantum di area ini.

7. Intip di bawah wheel well

Wheel well adalah ruang roda-roda kendaraan dipasang, dan NIK kendaraan mungkin dicantumkan di tempat itu. Pergilah ke belakang mobil, berjongkok, dan lihat wheel well kendaraan. Periksa kedua sisi wheel well untuk mencari NIK kendaraan.

8. Catat NIK kendaraan di suatu tempat!

Apabila NIK sudah ditemukan, pastikan mencatatnya di suatu tempat yang mudah diakses setiap kali membutuhkannya. Simpanlah NIK di buku catatan, berkas komputer, atau kirimkan ke alamat surel.

9. Identifikasi nomor sasis kendaraan

Nomor sasis adalah enam digit terakhir dari NIK. Lihat NIK kendaraan yang dicatat dan lingkari enam digit terakhir untuk mengetahui nomor sasis.

Cara mengecek Nomor NIK pada Motor, Skuter Matik maupun ATV

1. Cari NIK Motor pada leher stang

Pada sepeda motor, NIK paling sering dicantumkan pada leher setang. Bisa ditemukan dengan memutar setang ke samping dan melihat leher setang yang berupa silinder logam yang memanjang turun dari pegangan. Pada bagian tersebut biasanya Terukir NIK motor Otolovers.

2. Periksa mesin kendaraan

Terkadang NIK berada di mesin kendaraan. Apabila tidak menemukan NIK di leher setang, cek di mesinkendaraan. NIK seharusnya berada di dekat dasar silinder motor.

3. Periksa kerangka depan kendaraan

Pada ATV dan sebagian sepeda motor, NIK mungkin dicantumkan di kerangka, tetapi menemukannya mungkin agak sulit. Otolovers mungkin membutuhkan senter saat mencarinya.

Namun cek kerangka luar kendaraan terlebih dahulu. NIK mungkin berada persis di bawah shifter di sisi kiri sepeda motor. Apabila tidak menemukannya di kerangka luar, coba cari bagian dalamnya.

Sebagian produsen kendaraan mencantumkan NIK di area tertentu pada kerangka. Sebagai contoh, Honda mengecap NIK di sisi kanan kepala setang serta pada area kerangka persis di atas motor di sisi kiri.

4. Jangan lupa melingkari enam digit terakhir

Nomor sasis sepeda motor adalah enam digit terakhir dari NIK-nya. Lingkari enam digit terakhir NIK untuk mengetahui nomor sasis kendaraan.

Cara mengetahui nomor mesin

1. Periksa mesin

Nomor mesin kendaraan seharusnya dicap langsung di mesin mobil. Buka kap mobil atau lihat bagian samping mesin sepeda motor. Nomor mesin akan tertera jelas pada stiker di mesin.

2. Buku panduan

Jika tidak bisa melihat stiker di mesin, periksa buku panduan pemilik kendaraan untuk mencari nomor mesin. Nomor ini seharusnya tertera di beberapa halaman pertama buku panduan.

3. Identifikasi nomor mesin

Nomor mesin kendaraan berupa angka enam digit yang diikuti tiga digit kode mesin. Mungkin, nomor yang didapatkan adalah angka tiga digit yang diikuti angka enam digit. Jika demikian, tiga digit pertama adalah kode mesin dan enam digit terakhir adalah nomor mesin kendaraan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya