Cara Mudah Tambahkan Oli Pada Dongkrak Hidrolik, Dijamin Tak Merepotkan

Oleh Ahmad Muzaki pada 24 Agu 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2022, 22:00 WIB
Dongkrak hidrolik (Wuling)
Dongkrak hidrolik (Wuling)

Otosia.com, Jakarta Dongkrak hidrolik merupakan alat yang biasa digunakan untuk mendongkrak tipe mobil SUV atau MPV. Seperti namanya dongkrak ini menggunakan sistem hidrolik, di mana mengangkat beban yang berat hanya dengan memompa bagian tuas pada dongkrak.

Perlu diketahui juga bahwa ada dua jenis dongkrak hidrolik, yaitu dongkrak hidrolik lantai dan dongkrak botol hidrolik. Perbedaannya dongkrak lantai memiliki piston yang bergerak horizontal, sementara dongkrak botol memiliki piston yang bergerak vertikal.

Alat ini bisa bekerja optimal dengan memanfaatkan cairan atau oli yang berfungsi untuk memberikan daya tekanan. Sehingga mampu menghasilkan daya angkat pada dongkrak untuk menopang beban yang besar.

Karena peranan oli pada dongrak hidrolik sangat penting, lantas bagaimana cara menambahkannya? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Video Terpopuler saat Ini

Menambahkan Oli pada Dongkrak Lantai Hidrolik

1. Persiapkan dongkrak lantai hidrolik

Pastikan agar dongkrak diturunkan terlebih dahulu dengan posisi rata pada tanah. Lalu buka katup pelepas dongkrak berlawanan dengan arah jarum jam. Tujuannya untuk menurunkan dongkrak, agar mempermudah pengisian oli pada dongkrak lantai hidrolik.

2. Temukan porta pengisi oli dongkrak hidrolik

Porta pengisi oli dongkrak hidrolik berada di reservoir dongkrak, yang berupa silinder vertikal pada dasar rata dongkrak. Porta ini menuju bagian dasar reservoir, dekat bagian dasar dongkrak untuk pengisian oli pada hidrolik.

3. Tambahkan Oli

Lepaskan sumbat atau sekrup dari porta pengisi oli.b. Masukkan nozzle kaleng oli ke porta pengisi oli.c. Tuangkan oli ke porta pengisi oli.d. Berhenti menuang oli segera setelah tampak mulai penuh.e. Setelah penuh tutup kembali dan dongkrak dapat digunakan

Menambahkan Oli pada Dongkrak Botol Hidrolik

1. Persiapkan Dongkrak Botol Hidrolik

Pastikan dongkrak diturunkan sepenuhnya. Putar katup pelepas dongkrak berlawanan dengan arah jarum jam untuk menurunkan dongkrak agar mempermudah pengisian oli.

2. Temukan porta pengisi oli dongkrak botol hidrolik

Carilah reservoir dongkrak botol hidrolik. Kemudian temukan posisi sumbat atau sekrup kira-kira 1/3 dari atas reservoir untuk pengisian oli dongkrak botol hidrolik.

3. Tambahkan Oli

- Lepaskan sumbat atau sekrup dari lubang pengisi oli.

- Letakkan nozzle kaleng oli ke lubang pengisi.

- Tuangkan oli ke lubang pengisi dongkrak hidrolik

- Berhenti menuang oli setelah ketinggiannya mencapai 0,3 cm di bawah lubang pengisi.

- Setelah penuh tutup kembali dan dongkrak dapat digunakan

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya