GPS Terbaru Buatan Start Indonesia Makin Canggih, Bisa Buat Mengukur Jalan

Oleh Nazarudin Ray pada 06 Agu 2022, 09:08 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 09:08 WIB
GPS Tracker
Start Indonesia merilis platform GPS versi 2.0, 4/8/2022

Otosia.com, Jakarta Sistem pelacak kendaraan berbasis GPS di platform digital terus mengalami perkembangan dengan fitur-fitur terkini yang sangat dibutuhkan oleh pemilik kendaraan. GPS sudah lebih dimanfaatkan untuk kebutuhan terkini yang biasanya jadi standardisasi yang diperlukan pengusaha transportasi bahkan untuk hal efisiensi.

Menjawab tantangan tersebut, PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia (Start GPS) sebagai salah satu pengembang layanan dan platform GPS mulai melakukan pengembangan yang kian tepat guna. Aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh anak bangsa ini, kini punya cara kerja yang lebih menguntungkan bagi penggunanya.

Salah satunya Start GPS memperkenalkan aplikasi terbaru versi 2.0. CEO Start Indonesia Hartono Budiman, menyatakan saat ini perusahaannya menawarkan 3 jenis produk, yaitu platform Start GPS untuk memonitor kendaraan, Start Center sebagai layanan purna jual, serta Start Assist, layanan emergency road assistant bagi pelanggan produk Start.

 

 

 

 

 

Kaya Fitur

GPS Tracker
Aplikasi terbaru Start GPS punya fleksibilitas penyimpanan data dan visual report, 4/8/2022

Irma Purnamasari, Business Process Manager Start, menjelaskan dalam aplikasi Start GPS versi terbaru v2.0, terdapat perubahan dan pembaruan dengan teknologi terkini untuk mengakomodir kebutuhan bisnis yang akan semakin berkembang kedepannya serta ekosistem yang terhubung.

"Aplikasi ini juga memiliki tampilan clean dan lebih user friendly. Juga mendukung regulasi pemerintah yang tertuang dalam peraturan Dirjen Hubdar No, KP.2081/AJ.801/DRJD/2019 terkait peraturan pemantauan kendaraan umum," jelasnya

Adapun fitur-fitur yang terdapat di Start GPS versi 2.0 ini antara lain Journey Replay sebuah fitur kilas balik perjalanan kendaraan, kemudian Measurement yang berguna untuk pengukuran area, lalu ada juga POI yang bertujuan untuk menandai area penting pada maps.

 

Banyak yang Bisa Dipantau

Selanjutnya Geofence untuk pembatasan kendaraan pada suatu area tertentu dan reporting atau laporan aktifitas kendaraan.

Menurut Irma, terdapat 25 tipe reporting di aplikasi terbaru ini, dan juga fleksibilitas penyimpanan data serta visual report.

Uniknya, untuk menggunakan platform Start GPS versi 2.0 ini, calon pelanggan bisa melakukan migrasi dari tipe GPS yang sudah pernah dibeli oleh pelanggan dari merk lain, sehingga kustomer yang kurang puas dengan platform sebelumnya tidak perlu mengeluarkan biaya membeli alat baru sehingga lebih mudah dan murah.

Sedangkan untuk yang belum pernah memakai GPS pelacak kendaraan sebelumnya, bisa membeli device GPS yang baru di Start. Sementara Heldpdesk Support yang beroperasi selama 24 jam nonstop akan membantu konsumen jika terjadi kendala.

Keperluan Bisnis

Pemakaian GPS tracker tidak hanya bisa digunakan untuk mengamankan kendaraan pribadi saja. Tetapi juga bisa dipasang pada kendaraan-kendaraan inventaris atau komersial lainnya. Start menyebut ada 7 bidang bisnis yang juga membutuhkan keberadaan GPS tracker untuk mengamankan kendaraan.

Pertama adalah bisnis rental kendaraan. Tujuannya adalah untuk memantau posisi kendaraan yang disewakan. Kendaraan yang tidak dipasangi alat pelacak akan sulit dilacak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kedua, yang perlu mempertimbangkan pemasangan GPS tracker adalah jasa ekspedisi. Memanfaatkan teknologi GPS membuat kendaraan operasional bisa dipantau dengan lebih baik. Selain itu juga bisa membantu mengurangi kecurangan pengemudi, kehilangan barang/rusak, serta keterlambatan dalam pengiriman.

Ketiga adalah perusahaan kendaraan inventaris. Pemasangan GPS trakcer pada kendaraan inventaris tidak hanya meminimalisir tindakan pencurian. Namun juga bisa dipakai sebagai alat pemantau dan pengumpul data untuk laporan perjalanan selama beberapa bulan terakhir.

Bisa untuk Alat Berat dan Transportasi Online

Keempat perusahaan alat berat dan trailer. Dengan pemasangan GPS tracker pada alat berat dan trailer maka pemilik bisa mengukur total waktu pemakaian alat yang lebih valid. Ini dikarenakan data yang masuk langsung ke server secara otomatis dan tidak bisa dimanipulasi.

Kelima, perusahaan transportasi online. Aksi kriminal pada transportasi online tidak hanya di kota besar saja, namun sudah sampai ke pelosok-pelosok. Ketika mengalami pencurian, pemilik kendaraan harus tahu bagaimana kejadian sampai kendaraan bisa hilang.

Memasang GPS tracker maka kendaraan bisa dipantau dan adanya alat pelacak membuat lebih aman dan tenang.

Keenam adalah instansi pemerintah. Alat ini membantu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Kendaraan-kendaraan yang dimaksud diantaranya seperti mobil, motor, kendaraan pemadam kebakaran, alat-alat berat, truk sampah, bus kota, dll.

Tujug, perusahaan cairan kimia atau minyak. Pengiriman cairan kimia atau minyak memang membutuhkan tingkat kehati-hatian tinggi. Selain itu juga butuh sopir profesional, terlebih kendaraan yang dibawa cukup berat dan rentan pada banyak risiko. Kendaraan ini pun rawan pencurian dan kebocoran tangki.

Dengan pemasangan GPS tracker maka dapat dipantau perjalanan secara real time lewat webiste atau smartphone.

 

Produk dan Harga

Saat ini Start menawarkan tiga varian produk dengan harga dan fitur berbeda. Mialnya Start GPS S-308 berfungsi untuk melacak posisi kendaraan, matikan mesin dari jarak jauh, mendengarkan percakapan dalam kabin, dan memqantauu BBM. Tipe ini dibanderol Rp.1.599.000.

Selanjutnya Start GPS S-910, yang memiliki fungsing kurang lebih sama dengan tipe di atas, yakni melacak Posisi, mematikan mesin dari jarak jauhmemantau bahan bakar, serta djiual Rp 1.499.000.

Sedangkan Start GPS S-900 memiliki ukuran yang mini dan anti air (IPX5 Waterproof). Fungsinya melacak posisi kendaraan dan mematikan mesin dari jarak jauh, serta dijual Rp 1.199.000.

Terakhir adalah Start GPS S-900e, yang juga berukuran mini dan anti air. Hanya saja fungsinya terbatas untuk melacak posisi kendaraan. Alat GPS ini dijual Rp 999.000.

 
Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya