Toyota Avanza Beredar di Mexico, Apa Bedanya dengan Indonesia?

Oleh Redaksi Otosia pada 25 Agu 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 25 Agu 2021, 17:15 WIB
Toyota Avanza tipe LE di Mexico (toyota.mx)
Toyota Avanza tipe LE di Mexico (toyota.mx)

Otosia.com Pantas Toyota Avanza dijuliki sebagai mobil sejuta umat di Indonesia karena mudah ditemui di jalan-jalan. Predikat lain, selain menjadi andalan Toyota, Avanza menjadi salah mobil terlaris di Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, Avanza juga sudah wara-wiri di sejumlah negara,  seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Afrika Selatan hingga ke Mexico.

Khusus untuk pasar Mexico, varian tertinggi adalah Avanza XLE. Tipe ini mengadopsi bentuk bodi Avanza G di Indonesia. Artinya di bagian depan ada lampu LED yang terpisah dengan lampu sein dan lampu senja, lekukan lancip pada housing lampu kabut, serta grille berbentuk huruf V.

Interior Avanza tipe XLE (toyota.mx)

Sisi samping dan belakang tidak mengalami perubahan signifikan. Avanza tipe XLE diberi pelek Avanza Veloz 1.3 dengan bentuk kipas lima palang berwarna silver. Sedangkan model lainnya masih menggunakan pelek kaleng dengan tutupan pelek berbahan plastik.

Bagian dalam tidak jauh berbeda dengan Avanza Veloz di Indonesia. Mulai dari interior didominasi warna hitam, jok kain dengan uliran berwarna merah, MID sederhana, audio steering switch, pengingat sabuk pengaman penumpang, 6 speaker, serta rem tangan manual.

Hanya saja sistem AC Avanza di Mexico sedikit lebih canggih dengan adanya pengaturan arah angin dari kepala hingga ke kaki, ada front defogger, dan sistem wifi.  Selain itu semua model Avanza di Mexico belum dilengkapi keyless entry dan start-stop button.

Kursi belakang Avanza di Mexico (toyota.mx)

Fitur keselamatan Avanza di Mexico serupa dengan yang dijual di Indonesia. Misalnya Varian XLE punya perangkat keselamatan ABS, EBD, 2 airbags, kursi ISO-FIX, serta alarm dan immobilizer.

Berbeda dengan Indonesia, di Mexico hanya tersedia satu pilihan mesin, yakni 1.500cc Dual VVT-i dengan tenaga sebesar 102 hp dengan torsi 134 Nm. Mesin yang sama juga ditemukan pada Avanza Veloz 1.5.

 

 

 

 (kpl/dit)

Next

Khusus untuk pasar Mexico, varian tertinggi adalah Avanza XLE. Tipe ini mengadopsi bentuk bodi Avanza G di Indonesia. Artinya di bagian depan ada lampu LED yang terpisah dengan lampu sein dan lampu senja, lekukan lancip pada housing lampu kabut, serta grille berbentuk huruf V.

Interior Avanza tipe XLE (toyota.mx)

Sisi samping dan belakang tidak mengalami perubahan signifikan. Avanza tipe XLE diberi pelek Avanza Veloz 1.3 dengan bentuk kipas lima palang berwarna silver. Sedangkan model lainnya masih menggunakan pelek kaleng dengan tutupan pelek berbahan plastik.

Next

Bagian dalam tidak jauh berbeda dengan Avanza Veloz di Indonesia. Mulai dari interior didominasi warna hitam, jok kain dengan uliran berwarna merah, MID sederhana, audio steering switch, pengingat sabuk pengaman penumpang, 6 speaker, serta rem tangan manual.

Hanya saja sistem AC Avanza di Mexico sedikit lebih canggih dengan adanya pengaturan arah angin dari kepala hingga ke kaki, ada front defogger, dan sistem wifi.  Selain itu semua model Avanza di Mexico belum dilengkapi keyless entry dan start-stop button.

Next

Kursi belakang Avanza di Mexico (toyota.mx)

Fitur keselamatan Avanza di Mexico serupa dengan yang dijual di Indonesia. Misalnya Varian XLE punya perangkat keselamatan ABS, EBD, 2 airbags, kursi ISO-FIX, serta alarm dan immobilizer.

Berbeda dengan Indonesia, di Mexico hanya tersedia satu pilihan mesin, yakni 1.500cc Dual VVT-i dengan tenaga sebesar 102 hp dengan torsi 134 Nm. Mesin yang sama juga ditemukan pada Avanza Veloz 1.5.

Next

Di Mexico Avanza LE MT dijual 284.300 MXN atau setara Rp 201 juta (dengan kurs 1 MXN = Rp 708), Avanza LE AT dibanderol 291.600 MXN atau Rp 206 juta, dan Avanza XLE dijual  313.900 MXN atau Rp 222 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya