Merawat Sunroof Panoramic Sama dengan Kaca Mobil?

Oleh Redaksi Otosia pada 24 Mei 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 24 Mei 2021, 08:15 WIB
Ilustrasi sunroof panoramic pada SUV (Istimewa)
Ilustrasi sunroof panoramic pada SUV (Istimewa)

Otosia.com Saat ini Indonesia mulai memasuki musim panas dengan sengatan matahari yang terik, namun terkadang tiba-tiba hujan datang. Dalam kondisi cuaca demikian, sunroof panoramic menjadi fitur yang rawan mengalami kerusakan.

Kendari didesain free maintenance, sunroof panoramic tetap perlu perawatan agar penampilan dan kondisinya terjaga. Langkah ini untuk memperpanjang usia pakai hingga mencegah terjadinya kebocoran.

“Pemilik mobil dapat melakukan perawatan sendiri saat di rumah. Karena perlakuan perawatan kurang tepat, kadang dapat mengganggu fungsi sunroof. Seperti karet menjadi keras, kurang rapat dalam menutup, adanya kebocoran hingga timbul jamur pada kaca,” buka Samsudin dari National Technical Advisor Astra Peugeot.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

Menurut Samsudin, merawat sunroof panoramic tidaklah sulit. Bahkan Cara merawat perawatannya tidak jauh berbeda dengan kaca mobil. Materialnya memang sama-sama kaca. Hanya saja kaca pada sunroof panoramic lebih tebal.

"Setiap komponen selalu memiliki usia pakai, keawetan masing-masing komponen tersebut tergantung bagaimana cara merawat dan menjaga komponen itu sendiri," ujarnya.

Next

Salah satu merawat sunroof hindari parkir di bawah matahari langsung

Nah, yang perlu diperhatikan dalam merawat sunroof panoramic adalah sebisa mungkin hindari parkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama terus menerus. Selain itu, juga hindari bekas endapan sisa air hujan atau sisa air setelah mencuci mobil.

Jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari ditambah tetesan air hujan, embun, hingga kotoran burung, biasanya sunroof dan panoramic sunroof akan tampak kusam dan timbul jamur.

"Untuk itu, setelah cuci mobil pastikan bagian atap kaca dilap sampai benar-benar kering. Jika ada sisa-sisa air atau sabun di atap, maka kaca sunroof akan berjamur," imbuhnya.

Next

Untuk menjaga kualitas karet-karet pelindung (sil) agar tetap awet, pemilik kendaraan harus rajin menyingkirkan debu yang mengendap. Selain itu pastikan kondisi karet tak mengeras karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Pemilik bisa menyemprotkan permukaan karet dengan cairan silikon.

“Tidak harus rutin. Tapi paling tidak karet-karet di sekitar area sunroof dicek kualitasnya. Kalau memang terlihat kusam dan agak keras bisa di kasih cairan silicon yang dijual dipasaran,” tutup Samsudin.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya