Selain Fuel Pump, Toyota Diam-diam Pernah Merecall Avanza Gara-gara Suspensi

Oleh Redaksi Otosia pada 10 Mar 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 10 Mar 2021, 11:45 WIB
Ilustrasi Avanza Veloz (Otosia.com/Nazar Ray)
Ilustrasi Avanza Veloz (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com Ribuan Toyota Avanza direcall di Malaysia setelah UMW Toyota Motor (UMWT) mengumumkan ditemukannya masalah pada pompa bahan bakar atau fuel pump.

Dampaknya fuel pump tidak bekerja dan mesin dapat mati mendadak. Efek lainnya indikator engine check akan menyala pada panel instrumen.

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr)

Next

Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia sudah mendapat informasi mengenai hal tersebut dari Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang.

Namun PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia untuk dalam negeri dan pasar ekspor belum membuat pernyataan resmi terkait penarikan kembali ribuan Avanza di Negeri Jiran.

 

Next

Sebenarnya kasus Avanza direcall bukan pertama kali. Soal fuel pump bermasalah merupakan kasus kedua. Berdasarkan arsip pemberitaan otosia.comrecall terhadap Avanza pernah terjadi pada tahun 2012 lalu.

Ketika itu secara diam-diam (silent service campaign), Toyota melakukan melakukan kampanye perbaikan massal ratusan Avanza secara gratis.

 

Next

Perbaikan tersebut dilakukan setelah sejumlah pengguna menilai suspensi depan Avanza dan Xenia berbunyi akibat persoalan baut, dan adanya guncangan di suspensi belakang. 

Hanya saja pihak Daihatsu yang dikonfirmasi saat itu menyatakan tidak ada recall Xenia, dan tidak ditemukan adanya laporan keluhan terkait persoalan suspensi Xenia meski kedua low MPV tersebut dibuat di pabrik yang sama di Daihatsu.

 

Next

"Kami pastikan, kalau semua Xenia kami bilang tidak ada recall, karena unit yang sudah diberikan kepada costumer sudah dilakukan pengecekan. Saya tidak mau berkomentar bagaimana Avanza melakukan pengecekan, itu di luar teritori kami," tandas Amelia Tjanda, yang saat itu mejabat Direktur Marketing ADM.

 

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya