Pameran Kendaraan Listrik PEVS Resmi Dibuka, Ada Pesaing Wuling Air ev

Oleh Nazarudin Ray pada 22 Jul 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 22 Jul 2022, 21:30 WIB
PEVS 2022
Ketua PERIKLINDO Moeldoko menyambangi booth Gesits dan Keeway, 21/7/2022 (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta Pameran kendaraan listrik PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) dibuka hari ini, Jumat (21/7/2022) di JIExpo, Kemayoran Jakarta. PEVS yang berlangsung hingga 31 Juli 2022 mendatang ini dibuka langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Indonesia. Moeldoko, yang juga sebagai ketua PERIKLINDO.

Kendaraan yang akan dipamerkan berasal dari brand-brand terkemuka, mulai dari Hyundai Genesis, Hyundai IONIQ 5 serta Wuling Air EV. Beberapa lini kendaraan yang siap menjadi Sarana Transportasi dan Logistik pada perhelatan KTT G20 seperti DFSK Gelora E, dan Bus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB) juga ditampilkan.

DFSK juga membawa pesaing Wuling Air ev, yang di China bernama Dongfeng Fengguang Mini EV. Mobil listrik mungil ini sempat terlihat kemarin saat diturunkan dari truk untuk di pajang di area pameran. Pada bagian samping mobil terdapat lukisan kota Jakarta dan bertuliskan “Djakarta”.

Di segmen kendaraan komersial hadir, Truck Listrik Fuso. Kehadiran lini kendaraan listrik KTT G20 pada PEVS 2022 menandakan industri otomotif Indonesia siap menyongsong era elektrifikasi.

“Event ini memang sangat perlu dukungan dari berbagai stakeholders industri otomotif, terutama dukungan dari pemerintah Indonesia, sehingga diharapkan semakin masif informasi mengenai perkembangan industri kendaraan listrik.  PEVS 2022, sebagai ajang  yang menghadirkan kolaborasi ekosistem industri kendaraan listrik akan memaksimalkan visi Pemerintah Indonesia memotivasi masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik,” ujar Presiden Direktur PT. Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Brand pendukung

PEVS 2022
Moeldoko menaiki salah satu kendaraan niaga listrik, 21/7/2022 (Istimewa)

Sejumlah brand otomotif hadir dalam pameran PEVS 2022, baik dari lini brand roda empat dan roda dua serta industri pendukungnya. Misalnya DFSK, Erolis, K-EVCBU, Smuth EV dan Prestige yang menghadirkan Renault, Tesla dan Taksi Terbang E-hang, Wuling hingga Commercial Vehicle seperti Bus MAB dan kereta gantung Aerobus, line-up truck listrik dari Fuso.

Sementara kendaraan roda dua dan kendaraan niaga diikuti oleh Benelli-Keeway, Davigo, Gesits, Niu, Nozomi, Rakata, Regen, Selis, SMARTBY, Smoot, dan Trolis.

PEVS 2022 juga diikuti brand komponen pendukung kendaraan listrik seperti Abc Lithium, ACMIC, Alton, Camp, Birubatt, B&D, Element, Evolusi 3D, Groen, Oyika, Police, PMB, dan Vixmo hingga sederet produk lokal.

Test drive dan test ride

PEVS 2022
Pesaing Wuling Air ev, Dongfeng Fengguang Mini EV diturunkan dari truk kemarin, 21/7/2022 (Istimewa)

Penyelenggara memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mencoba kendaraan listrik secara nyaman pada area indoor. PEVS 2022 menghadirkan Electric Vehicle (EV) Track - Zone yang menghadirkan fasilitas Test Drive & Test Ride dengan memberikan pengalaman baru dalam menikmati kendaraan listrik.

Beragam program dihadirkan untuk memikat pengunjung, mulai dari Push Bike Race, EV Fun Rally, EV Riding, serta aktivitas pendukung lainnya.

"Melalui program ini, pengunjung berkesempatan menguji coba kendaraan ramah lingkungan secara nyaman di dalam Hall B3-C3 JIExpo, dengan menggunakan unit kendaraan listrik dari para brand yang berpartisipasi di PEVS 2022," ujar Rudi MF, Project Manager PEVS 2022.

Taksi terbang Ehang

Yang menarik Prestige menghadirkan taksi terbang Ehang 216 dan beragam koleksi mobil Tesla. Taksi udara E-Hang pernah tampil pada IIMS lalu . Bahkan kendaraan tanpa awak ini sukses melakukan demo terbang perdana di area outdoor JIExpo.

Pihak Prestige Aviation mengklaim, Ehang 216 yang lebih unggul dari helikopter biasa. Karena biaya perbaikan dan pemeliharaan rendah, tingkat kebisingan rendah, berukuran kecil sehingga mudah lepas landas atau mendarat.

Menariknya lagi, kendaraan yang diproduksi oleh Guangzhou Ehang Intelligent Technology Co Ltd ini bebas emisi. EHang 216 100 persen elektrik sehingga ramah lingkungan.

 

Laku 1 Unit

Taksi terbang Ehang 216 ini sendiri juga sudah dibeli sebanyak 1 unit oleh perusahaan yang bergerak di layanan pengiriman barang atau kargo untuk domestik ataupun luar negeri, Black Stone Cargo Airline.

"Kami sangat tertarik dalam inovasi kendaraan udara otonom sebagai moda pengiriman barang, adapun rute awal penerbangan kami akan membuka rute Jakarta menuju BIJB Kertajati. Dari rute ini nantinya akan kami kembangkan ke berbagai daerah lainnya," ujar Marco Isaak, Komisaris Black Stone Cargo Airline dalam kesempatan lalu.

Berbicara terkait penggunaan di ibu kota negara baru, Rudy Salim, Executive Chairman dari Prestige Aviation berharap taksi terbang Ehang 216 ini dapat memenuhi kebutuhan transportasi udara di Indonesia, dan pihaknya siap mendukung smart city IKN Nusantara.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya