Honda Mobilio Ini Pecahkan Rekor Paling Irit, Tembus 41,4 km/liter

Oleh Nazarudin Ray pada 20 Jul 2022, 20:15 WIB
Diperbarui 20 Jul 2022, 20:15 WIB
Honda Mobilio
Jamnas komunitas Mobility ke-5 di Yogyakarta, 19/7/2022 (Mobility)

Otosia.com, Jakarta Rekor Otomotif Indonesia (ROI) baru-baru ini mencatat rekor peserta uji emisi terbanyak satu tipe dan merek di Kota Gudeg. Rekor baru tersebut terjadi pada Musyarawah Nasional (Munas) sekaligus Jambore Nasional (Jamnas) Mobilio Indonesia Community atau Mobility di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, akhir pekan kemarin.

ROI memutuskan Jamnas ke-5 dan Munas ke-4 Mobility berhak memecahkan rekor dengan kategori peserta Beatle of Efficiency terbanyak (500 Unit) dan Mobilio teririt..

"Kegiatan uji efisiensi bahan bakar juga menjadi salah satu sarana edukasi kepada masyarakat mengenai cara berkendara yang baik, alhasil bisa menghemat penggunaan bahan bakar yang nantinya juga bisa berujung pada salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan dan alam," ujar Tomi Gunawan, Founder ROI. 

Video Paling Dicari saat Ini
Honda Mobilio
Serah terima penghargaan rekor ROI, 19/7/2022 (Mobility)

Mobilio teririt

ROI juga membukukan rekor baru untuk Honda Mobilio teririt di Indonesia. Pemenang dari kompetisi paling hemat BBM tersebut tercatat ada nama Harry Prabowo.

Pria asal Yogyakarta ini berhasil menembus angka 41,4 km/liter dengan unitnya Honda Mobilio transmisi otomatis.

Sementara pemenang lainnya ada Tomy Al Taher, dari Depok, yang sanggup mengirit rata-rata 32,3 km/liter di kelas transmisi manual.

 

Jamnas ke-5 Mobility

Acara Jamnas ke-5 di Yogyakarta sendiri diikuti ribuan anggota Mobility dengan ratusan kendaraan yang datang dari seluruh regional di Indonesia.

Menurut Dadi Haryadi,  kegiatan ini sengaja digelar untuk mengobati kerinduan para anggota Mobility di seluruh Indonesia untuk bersilahturahmi sekaligus sebagai target pemecahan rekor dari ROI.

"Kami sepakat mengusung tagline ‘Born to Make History’, untuk tahun ini, pasca pandemi COVID-19,” paparnya. 

 

Menarik perhatian ROI

Acara tersebut menarik perhatian para insan dari wadah penghargaan bergengsi di dunia otomotif tanah air, ROI, untuk membuktikan kebenaran dari pada target rekor tersebut.

Setelah melalui beragam perencanaan, survey serta pengamatan dan pengolahan data di lokasi acara, ada beberapa kategori yang berhasil menembus rekor baru. Diantaranya dalam kegiatan tersebut juga digelar uji efisiensi penggunaan bahan bakar Honda Mobilio yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah untuk menempuh jalur lalu lintas yang sudah ditentukan pihak pelaksana.

 

Aturan Main

Adapun peraturan penilaiannya, peserta wajib me-reset odometer Trip A dan dicek secara ketat oleh panitia. Peserta dilepas dari lokasi start menempuh rute yang sudah ditentukan dan diakhir garis finish, seluruh kondisi mobil dicek termasuk odomoternya dan dilakukanlah perhitungan.

"Ke depan semakin banyak rekor-rekor otomotif baru yang dipecahkan, agar bisa menjadi motivasi insan otomotif untuk terus berkarya dan berprestasi sehingga pada akhirnya dapat menjadi roda penggerak dunia otomotif termasuk industrinya di tanah air," ujar Dadi Haryadi, selaku Ketua Umum Mobility.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya