Begini Cara Aman dan Nyaman Touring ke Tempat Wisata

Oleh Nazarudin Ray pada 19 Jul 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 19 Jul 2022, 21:30 WIB
Touring Wisata
Ilustrasi memulai perjalanan touring, 18/7/2022 (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta Bepergian ke tempat wisata menggunakan sepeda motor sangat mengasyikan sehingga banyak biker yang suka melakukannya.

Mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik banyak dilakukan dengan menggunakan sepeda motor. Jika lokasinya jauh, dianggap menjadi bagian dari touring.

Bepergian ke lokasi menarik dianggap sebagai bagian dari refreshing dan memberikan pengalaman berpetualang ke tempat-tempat pariwisata.

Meski demikian, perjalanan touring wisata perlu memperhatikan beberapa hal penting agar perjalanan menjadi lancar. Berikut tips touring wisata dari main dealer Yamaha CV. Sumber Jadi (Bangka & Belitung):

 

Video Paling Dicari saat Ini

Menyiapkan kondisi fisik dan safety gear

Berkendara sepeda motor ke tempat yang jauh membutuhkan fisik yang prima sehingga pengendara perlu menjaga tubuh agar sehat. Jangan begadang sebelum touring karena tubuh membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang cukup sebagai persiapan berkendara.

Selain itu, lakukan olahraga ringan dan pemanasan sebelum touring supaya membantu pelemasan otot-otot tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.

Gunakan safety gear yang tepat dan bersih, tidak bertukar dengan orang lain. Pakai helm full face, sarung tangan yang menutupi penuh jari dan telapak tangan, serta gunakan jaket dan sepatu yang nyaman. Bawa juga jas hujan model setelan (atasan dan bawahan) untuk mengantisipasi hujan turun.

Kenali obyek wisata dan rute perjalanan

Agar lebih menikmati saat berwisata naik motor ini, kenali obyek wisata yang akan dikunjungi baik itu tentang sejarah, spot menarik, kondisi sekitar dan lainnya sehingga menambah pengetahuan dan ketertarikan mengenai destinasi tersebut.

Dianjurkan untuk mengetahui rute perjalanan yang akan ditempuh dimana informasinya bisa diperoleh melalui berbagai sumber seperti internet, teman yang pernah melakukan touring bermotor ke tempat wisata tersebut, atau penghobi touring lainnya yang memiliki banyak pengalaman menjejalahi obyek wisata.

Dengan demikian dapat memudahkan dan melancarkan touring melalui rute yang aman dari bahaya yang tidak diinginkan dan biasa dilalui pengendara sampai mencapai lokasi yang dituju.

Menguasai motor yang digunakan dan bermalam

Persiapkan kondisi motor agar optimal untuk dibawa berkendara jarak jauh dengan melakukan pengecekan atau servis di bengkel resmi terlebih dahulu. Yang penting biker harus memahami dan menguasai motor yang digunakan beserta keunggulan yang dapat menunjang kelancaran perjalanan.

Jika touring dilakukan berhari-hari, luangkan waktu untuk beristirahat dengan menginap di tempat penginapan atau kenalan. Untuk itu perlu mengetahui informasi mengenai waktu tempuh perjalanan dan tempat penginapan sehingga bisa mengatur jadwal untuk beristirahat.

Sebaiknya hindari berkendara motor hingga larut malam atau dini hari, agar tubuh dapat beristirahat sejenak dan tenaga tetap tersimpan untuk melanjutkan perjalanan.

Bawalah bekal makanan dan minuman untuk berjaga-jaga di perjalanan jika lapar dan haus. Selain itu perlu mengetahui letak tempat-tempat makan yang bisa disinggahi di perjalanan.

Pastinya juga tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, hand sanitizer, atau mencuci tangan dengan sabun dan air bersih.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya