Niat Beli SUV Rp 200 Jutaan? Nih, Model-model Keren Versi Bekas

Oleh Arendra Pranayaditya pada 19 Jul 2022, 20:03 WIB
Diperbarui 19 Jul 2022, 20:03 WIB
Suzuki SX4 S-Cross IIMS Hybrid 2022
Suzuki SX4 S-Cross facelift menjadi salah satu daya tarik utama pada booth Suzuki Indonesia menjelang acara otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Kategori mobil SUV terbilang sedang menjadi trend setter di dunia otomotif. Permintaan segmen ini sangatlah tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya peluncuran mobil SUV sejak awal tahun 2022, seperti Honda HR-V, Subaru Outback, dan sebagainya.

Namun tahta 'SUV termurah di Indonesia' masih ditempati oleh Daihatsu Rocky. Lebih tepatnya Rocky 1.2 tipe M MT yang dibanderol Rp 205,2 juta.

Istilah "ada harga, ada rupa" bisa dilihat pada mobil ini. Karena harganya yang terjangkau, Daihatsu Rocky termurah tergolong minim fitur, di antaranya pelek masih kaleng, lampu depan halogen, banyak bahan plastik di kabin dan speedometer masih sederhana.

Lantas bagi para calon peminang mobil SUV yang lebih besar atau kaya fitur, pilihan berikutnya adalah mobil bekas. Selain harga lebih terjangkau, pasar mobil bekas mempunyai banyak model yang menarik.

Berikut 5 pilihan mobil SUV bekas seharga Daihatsu Rocky termurah, berdasarkan berbagai situs jual beli mobil bekas di Indonesia.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

 

1.     Mitsubishi Outlander Sport

Pertama adalah Mitsubishi Outlander Sport. Crossover andalan Mitsubishi ini bisa dipinang dengan harga Rp 170-210 jutaan. Mayoritas model yang dijual adalah Outlander Sport tipe PX lansiran 2012 hingga 2015.

Lantaran tipe PX, mobil ini dilengkapi banyak fitur kenyamanan dan keselamatan, seperti panoramic sunroof, keyless entry dengan tombol start stop, jok kulit, armrest depan dan belakang, AC otomatis, MID full color, memiliki paddle shifts, rem belakang cakram, dual airbags, sensor parkir belakang dan ABS.

Medium SUV ini dibenamkan mesin 2.000cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 150 PS dan torsi puncak 197 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

 

2.     Suzuki SX4 S-Cross

Masih dalam kategori medium SUV, Suzuki SX4 S-Cross bisa menjadi pilihan menarik. Ada dua model yang tersedia, yakni sebelum dan sesudah facelift. Untuk versi pre-facelift biasa dijual dengan harga Rp 160-220 jutaan, sedangkan setelah facelift bisa dibeli pada angka Rp 170-200 juta.

Untuk tipe facelift, Suzuki SX4 S-Cross juga cukup lengkap dari segi fitur. Mobil ini sudah dilengkapi lampu, wiper dan AC otomatis, keyless entry dengan tombol start stop, paddle shifts, jok kulit, armrest depan belakang, spion tengah auto dimming, dan cruise control.

SUV ini mengusung mesin 1.500cc M15A dengan output 109 hp dan torsi 138 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

 

3.     Nissan X-Trail

Selanjutnya adalah Nissan X-Trail. SUV ini kerap dijual dengan harga sekitar Rp 110-190 jutaan, terutama untuk X-Trail generasi kedua dengan kode T31. Mobil ini hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu 2.000cc dengan output 145 hp atau 2.500cc dengan semburan tenaga 175 hp.

Nissan X-Trail, terutama dengan mesin 2.500cc, menjadi salah satu pilihan SUV dengan performa tertinggi. Sebaliknya, tawaran fitur-fitur kenyamanan mobil ini tergolong biasa saja.

Beberapa model high spec X-Trail generasi kedua sudah dilengkapi keyless entry, jok kulit, armrest depan dan belakang, lampu depan HID, lampu belakang LED dan MID full TFT. Namun fitur modern seperti kamera mundur dan head unit dengan konektivitas ke handphone belum tersedia di mobil ini.

 

4.     KIA Sportage

KIA Sportage menjadi pilihan menarik bagi para peminang SUV dengan dana terbatas. Mobil ini bisa dipinang dengan harga sekitar Rp 120-150 jutaan. Sedangkan KIA Sportage yang ditawarkan dengan harga Rp 160-200 jutaan adalah varian termahal EX atau bahkan Platinum.

Di masanya, KIA Sportage Platinum tergolong komplet. SUV bertampilan bongsor ini mempunyai lampu depan projector, lampu belakang LED, keyless entry, AC digital dual zone otomatis, head unit layar sentuh, panoramic sunroof, jok depan elektrik, cruise control, dan masih banyak lagi.

Mobil ini disematkan mesin 2.000cc naturally aspirated dengan letupan tenaga 163 hp dan torsi 198 Nm. Seluruh tnaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

 

5.     Chevrolet Captiva diesel

Chevrolet Captiva
Chevrolet Captiva facelift. SUV ini sempat populer sebagai alternatif dari Toyota Fortuner atau Honda CR-V. General Motors Indonesia menyuntik mati Captiva pada tahun 2018. (netcarshow.com)

Terakhir adalah Chevrolet Captiva. Mobil ini cocok bagi yang membutuhkan mobil SUV 7 penumpang, sekaligus bermesin diesel. Yang menarik, Captiva facelift tahun 2013 hingga 2015 bisa dipinang pada kisaran harga Rp 140-190 jutaan.

Secara fitur, mobil ini cukup lengkap di bebapa aspek, seperti AC digital otomatis, MID besar di tengah dasbor, rem parkir elektrik, kap mesin sudah hidrolik serta armrest depan belakang. Namun Captiva belum mempunyai head unit layar sentuh dan belum keyless entry.

Chevrolet Captiva memboyong mesin 2.000cc diesel turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 163 PS dan torsi 360 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi Tiptronic 6 percepatan.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya