Mobil Listrik Kecil Bertampang 'Alphard' Ini Bakal Diproduksi Lokal, Siap Saingi Wuling Air EV

Oleh Arendra Pranayaditya pada 18 Jul 2022, 18:27 WIB
Diperbarui 18 Jul 2022, 18:27 WIB
Skorpius AS100
Mobil listrik mungil bertampang mirip Toyota Alphard ini dikabarkan akan diboyong dan diproduksi dalam negeri oleh Hascar Automotive Group. Dengan nama Skorpius AS100, mobil ini akan bersaing dengan Wuling Air EV dan DFSK Mini EV. (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta Baru-baru ini berita terkait mobil listrik mungil baru terbilang sedang banyak dibahas, seperti Wuling Air EV mulai dijual ke publik, DFSK terciduk mengetes Mini EV, serta K-Upgrade yang dijual dalam jumlah terbatas.

Setiap mobil itu bersaing dalam menawarkan sebuah produk mobil listrik yang lebih accessible untuk semua orang, terutama dari segi harga. Kumpulan mobil listrik mini ini juga lebih mengutamakan penggunaan dalam kota.

Setelah ketiga mobil tersebut ditampilkan ke publik, ada satu penantang baru yang turut bersaing di kategori yang sama. Pasalnya Hascar Automotive Group akan memboyong dan memproduksi Electric Vehicle (EV) baru di Indonesia.

Video Paling Dicari saat Ini

Mirip Alphard

Skorpius AS100, Motor Listrik Segway e200p, dan Weltmeister EX5
Skorpius AS100 bersama motor listrik Segway e200p dan mobil listrik WM Motors Weltmeister EX5 (Instagram/@indra_fathan)

Merek yang kerap dikenal memasarkan mobil Amerika Serikat itu berencana menghadirkan mobil listrik Skorpius AS100 yang nantinya akan diproduksi secara Completely Knocked Down (CKD) melalui PT Handal Indonesia Motor.

"Tunggu tanggal mainnya, segera kami luncurkan produk unggulan kami tersebut. Insyaallah dalam waktu dekat akan kami umumkan," ujar Yedi Sondy, CEO Segway Motors Indonesia, dalam keterangan resminya.

Yang menarik tampilan mobil ini menyerupai Toyota Alphard. Lebih tepatnya pada fascia depan di mana grill besar vertikal mendominasi wajah mobil ini. Selain itu lampu utama dan housing lampu kabutnya juga terlihat mirip dengan kepunyaan Alphard.

Untuk saat ini Skorpius AS100 masih dalam tahap homoligasi dan disesuaikan dengan regulasi yang diterapkan. Lantas EV mungil itu masih berstatus ‘prototipe’ dan bisa jadi menerima perubahan di sektor tampilan.

Meski tanggal peluncurannya belum pasti, Skorpius AS100 diprediksi bisa memasuki tahap produksi pada kuartal keempat tahun ini

"Produk ini belum final. Tapi kami targetkan di kuatal keempat sudah bisa mulai diproduksi," tutup Yedi.

WM Motor

Weltmeister EX5
Mobil listrik Weltmeister EX5 (WM Motors)

Tahun lalu, salah satu merek otomotif mobil listrik terbesar di Cina dikabarkan akan meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia. Mengutip paultan.org, Senin (18/7/2022), WM motor akan menghadirkan SUV Weltmeister W5 atau juga dikenal sebagai EX5 sebagai peluncuran mobil perdananya. 

Menurut brand itu pemilihan EX5 bukan tanpa maksud, melainkan menyesuaikan dengan minat masyarakat Indonesia yang lebih condong terhadap mobil SUV, serta kondisi jalanan yang beragam di Indonesia.

"Jika menurut kepada minat masyarakat Indonesia, kondisi medan, serta bagian dari kepraktisan dan fungsionalitas, mobil inilah yang paling cocok," ungkap direktur dan CEO WM Motor Pacific, Yedi Yunadi Sondy.

Selain peluncuran SUV tersebut, WM Motor di Indonesia akan menjadi cabang utama di Asia Tenggara di mana merek tersebut akan memulai ekspansi bisnisnya.

Dikutip dari situs nmaa.co.id, WM Motor International Co. Ltd. (WM Motor) hendak memperluas cangkupan penjualannya di Asia Tenggara. Hal itu dimulai dari pembentukan dan kerja sama dengan WM Motor Asia Pacific (WMAP) yang berbasis di Jakarta.

"Pembentukan WMAP membawa kepercayaan diri dan rasa percaya sangat besar terutama kepada produk, pelayanan dan pengalaman kendaraan berbahan energi terbarukan," tutur Yedi.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya