Korban Google Maps, Honda City Hatchback Nyasar Lewat Jalan Irigasi Sawah

Oleh Ahmad Muzaki pada 18 Jul 2022, 13:24 WIB
Diperbarui 18 Jul 2022, 13:24 WIB
Mobil nyasar gara-gara Google Maps (Instagram/@andreli_48)
Mobil nyasar gara-gara Google Maps (Instagram/@andreli_48)

Otosia.com, Jakarta Banyak peristiwa pengendara mobil atau motor yang tersesat gara-gara mengikuti petunjuk Google Maps. Biasanya mereka akan terjebak di jalan sempit atau jalan yang tak layak dilewati.

Peristiwa itu kembali terulang, seperti yang dikabarkan Instagram @andreli_48 melalui video yang diunggah Minggu (17/7/2022). Sebuah mobil terjebak di jalan irigasi sawah gara-gara Google Maps.

Video Paling Dicari saat Ini

Dibantu Warga

Dalam video tersebut terlihat ada Honda City Hatchback yang terjebak di jalan irigasi sawah. Para warga pun turun tangan untuk membantu mengelurkan mobil berwarna putih itu keluar dari jalan tersebut.

Pasalnya roda mobil masuk ke dalam lumpur yang licin. Sehingga roda hanya bisa berputar tanpa bergerak maju atau mundur. Beberapa pria pun mendorong hatchback itu agar bisa keluar dari lumpur.

Secara perlahan mobil tersebut berhasil didorong mundur dan keluar dari dalam lumpur. Namun para warga yang menonton sempat panik, sebab laju mobil cukup kencang dan rodanya nyaris terperosok ke dalam irigasi.

Diketahui bahwa peristiwa ini terjadi karena pengendara mobil mengikuti petunjuk Google Maps dan akhirnya malah tersesat. "Korban Google Maps," kata wanita perekam video.

"Infonya korban Gmaps . Lokasi Mersi tepatnya jalan irigasi, timur makam Nyi Meleng Purwokerto Timur Banyumas Jateng. Pengemudi mobil dinformasikan warga cilongok," tulis andreli_48

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 170 kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang heran, sebab pemobil itu tetap lewat meski jalan tak masuk akal dilintasi.

"Kalo sdh pakai gmaps, jgn lupa mode street view.. Dan jg, kalo pakai mobil jgn mode sepeda motor atau orang jalan yaa," tulis mintoarum_ruth

"Mode orang jalan klo gak sepeda ini," jelas siregarsofian

"Pake mode jalan raya atau besar aja," komentar metalyana

"kalo udah ga masuk akal yaa jgn d paksain," ungkap adnan.assidicky

"Korbanno gmap kudune nek dalane sempit pinggir kalen yo ragu2 leh arep liwat iki kok malah maju terus," tulis arthy_jogja

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Andre Li (@andreli_48)

 

Gara-gara Google Maps, Bus Bikin Macet dan Akhirnya Kena Omel Warga

Bus bikin macet gara-gara Google Maps (TikTok/@dearyessy)
Bus bikin macet gara-gara Google Maps (TikTok/@dearyessy)

Bus sejatinya memang harus melewati jalan yang cukup lebar. Namun dalam beberapa kondisi terkadang kendaraan besar ini harus melewati jalan sempit dan tak jarang menyebabkan kemacetan.

Kondisi itu turut dialami oleh wanita pemilik akun TikTok @dearyessy saat menjadi penumpang bus. Bus yang dikendarainya bikin macet gara-gara Google Maps.

"Ketepu sama maps," tulisnya.

Dalam video yang diunggah 3 hari lalu, awalnya pemilik akun bernama Dearyessy dan rombongan sedang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bogor. Awal perjalanan pun mereka senang-senang bahkan dalam bus karaokean bareng.

Namun kesenangan mereka sirna saat sopir mengikuti petunjuk Google Maps. Jika di Google Maps mereka bisa sampai di hotel sekitar 26 menit, namun nyatanya malah terjebak di jalan berjam-jam. Tak lain karena bus dilewatkan jalan alternatif yang tentunya cukup sempit.

"kita pake bus kapasitas 50 orang, tp diarahin jalan alternatif yg bisa untuk 2 jalur mobil kecil mepet kita kejebak 2 jam lebih dijalan ini," tulis Dearyessy

Tak ayal bus menjadi penyebab utama kemacetan di jalan tersebut. Bahkan para warga dan pengendara lainnya marah hingga mengomeli sopir dan kernet.

"Akhirnya semua orang dalam bus dr semangat jd surem," tulisnya lagi.

Menurut Dearyessy, lewat jalur alternatif sebenarnya bukanlah rencana sopir. Hanya saja karena jalan lainnya banyak yang diperbaiki, akhirnya sopir terpaksa membuka Google Maps dan ujung-ujungnya malah membuat kemacetan.

"Maafkan semuanya, kemarin jalur lainnya itu ada perbaikan jalan dan kita engga tau, jd diarahin lewat situ. Makasih jg untuk para warga yg membantu," tulis Dearyessy

Video lewati jalur alternatif gara-gara Google Maps ini mendapatkan beragam komentar netizen. Hanya saja banyak dari mereka yang memberi saran agar jalan disurvei dulu.

"klo pakai bus gede gitu, usahakan ada team advance to team survey min sehari sebelum keberangkatan apabila memungkinkan. atau tanya dlu ke pihak hotel," tulis Jack Flash

"besok2 klo ga ada team survey , survey aja pke gmaps .. pkestreet view . lu telusurin dh tuh sepanjang rute . gmna jalannya bisa ga muat ga . bgtu mb," jelas Rsydty

"sebagai salah satu penumpang kita jg gatau bgt kalo bakal gini huhu???? gaenak jg udh bikin kemacetan???? makasih buat para warga yg udh bantu huhu," komentar dhira

"saran, lebih baik pake waze, gmaps suka banget lewatin jalan2 kecil," ungkap rizkyp720

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya