Luncur Bersamaan, Ini Perbedaan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Terbaru

Oleh Redaksi Otosia pada 09 Jul 2022, 15:27 WIB
Diperbarui 13 Jul 2022, 12:48 WIB
New Daihatsu Sigra (Astra Daihatsu Motor)
New Daihatsu Sigra (Astra Daihatsu Motor)

Otosia.com PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan Calya dan Sigra terbaru secara bersamaan Kamis kemarin (7/7/2022).

Kedua mobil ini sama-sama menerima penyegaran ringan di bagian eksterior dan interior, termasuk penambahan fitur-fitur baru. Mayoritas improvement yang disematkan pada Cayla dan Sigra bersifat minor.

Meski MPV LCGC kembar, keduanya tetap memiliki perbedaan. Lantas apa saja perbedaan di antara keduanya?

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Eksterior dan interior

New Toyota Calya (Toyota Astra Motor)

Di mulai dari bagian eksterior. Toyota Calya menerima penyegaran desain grill depan baru, lampu depan LED dibuat smoked, pelek 14 inci multi spoke two tone, dan antena radio menjadi model sirip hiu.

Daihatsu Sigra kurang lebih mendapatkan perubahan kurang lebih sama, seperti lampu depan LED juga dibuat smoked, pelek 14 inci multispoke dengan pewarnaan two tone berbeda, grill depan dan spion dibuat berwarna hitam, serta antena radio sirip hiu.

Interior kedua mobil ini masih menggunakan desain dan beberapa fitur serupa. Bahkan Calya dan Sigra masih belum dilengkapi AC double blower, hanya rear air circulator yang berfungsi sebagai kipas untuk menyalurkan udara AC dari depan.

Next

Perubahan utama terletak pada penggunaan warna. Calya dan Sigra sama-sama disematkan warna interior hitam, mulai dari kursi hingga atap. Bedamya, Calya ada kombinasi warna coklat di beberapa tempat.

Perbedaan lainnya terdapat pada fitur hiburan. Calya dipasangkan head unit baru yang bisa mirroring dengan handphone melalui T-Link dan bisa dioperasikan menggunakan audio steering switch.

Daihatsu Sigra juga mendapatkan head unit baru, namun dengan fungsi yang lebih sederhana. TV layar sentuh pada mobil ini hanya bisa memutar radio, musik dari USB, dan musik dari Bluetooth. Setir mobil ini juga belum dilengkapi tombol-tombol seperti Calya.

 

 

Next

Keselamatan dan performa

(Atas) Interior Daihatsu Sigra terbaru dan (Bawah) Interior Toyota Calya terbaru (ADM, TAM)

Sistem keselamatan kedua mobil ini juga sebanding dan tidak berbeda jauh dari model sebelumnya. Kedua LCGC MPV ini sama-sama dilengkapi ABS, EBD, sepasang airbags di dasbor, sensor parkir belakang dan setiap kursi sudah dispangkan senderan kepala.

Yang berbeda, Sigra mempunyai tambahan sensor parkir di depan dan beberapa fitur seperti ABS, EBD dan kamera mundur hanya tersedia di tipe termahal.

Sektor performa pada Calya dan Sigra juga tidak mengalami perubahan. Keduanya dibenamkan mesin 1.200cc empat silinder dengan semburan tenaga 88 PS dan torsi 11 kgm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Khusus Sigra, beberapa varian entry level disematkan mesin 1.000cc tiga silinder yang menghasilkan output 67 PS dan torsi 9.1 kgm. Pilihan transmisi terbatas pada girboks manual 5 percepatan.

Untuk harga, Toyota Calya dibanderol mulai dari Rp 158,3 juta hingga Rp 180,8 juta untuk tipe termahal. Sedangkan Daihatsu Sigra terbaru dijual mulai dari Rp 129,5 juta hingga Rp 174,7 juta.

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya