Cara Bedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis, Hati-hati Tertipu

Oleh Redaksi Otosia pada 10 Jul 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 10 Jul 2022, 14:15 WIB
Ilustrasi cover jok (Emirate Car Interior)
Ilustrasi cover jok (Emirate Car Interior)

Otosia.com Saat ini beragam pelapis jok banyak ditawarkan di pasaran. Cover jok berbahan kulit maupun sintetis paling banyak digunakan oleh pemilik kendaraan. Namun berhati-hati saat memutuskan untuk membeli. Pasalnya kedua jenis kulit tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Ahmad, pemilik Emirate Car Interior di Yogyakarta mengungkapkan bahwa cara membedakan jok kulit asli dengan sintetis tidaklah sulit.

"Kulit asli dan kulit sintetis pasti memiliki perbedaan. Ada beberapa hal yang sangat mudah diamati dan dibedakan jika kita sedikit jeli," tutur Ahmad.

Menurut Ahmad ada beberapa cara membedakan jok kulit asli dan sintetis. Berikut perbedaannya:

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr)

Next

1. Aroma yang berbeda

Kulit asli memiliki wangi yang lebih amis atau berbau amis kulit, sedangkan wangi dari kulit sintetis akan tercium bau karet atau bahan campuran lainnya.

"Aroma dari kulit sintetis itu lebih ke arah bau karet, karena memang pada proses pembuatannya ada campuran menggunakan bahan karet, sedangkan kulit asli itu akan tercium bau amis kulit yang khas," papar Ahmad.

Next

2. Perbedaan tekstur

Tekstur kulit asli akan lebih kasar saat dirasakan. Kulit sintetis akan lebih lembut.

"Tekstur kulit asli itu memang aslinya kasar dan pori-pori nya besar, berbeda dengan jok kulit sintetis yang teksturnya halus. Hal itu karena banyak permintaan pasar bahan jok kulit sintetis yang halus," terang Ahmad.

Next

3. Kenyamanan saat digunakan

Secara kenyamanan, jok kulit asli jika bagus akan lebih cepat menyerap keringat. Namun apabila punya budget terbatas lebih baik menggunakan bahan kulit sintetis kualitas tinggi.

"Apabila budget kalian memang mepet, saya lebih menyarankan untuk menggunakan bahan jok kulit sintetis kualitas tinggi, karena kualitasnya tidak akan jauh berbeda dengan kulit asli, tapi dengan harga yang jauh lebih murah,” ujar Ahmad yang memiliki workshop di Jl. Sidorejo, Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

 

Next

Dari segi perbedaan harga jok, Emirate Car Interior mematok harga Rp 1,2 juta hingga Rp 5 juta untuk kulit sintetis, tergantung dari bahan yang digunakan. Sedangkan jok kulit asli dibanderol mulai Rp 10 Juta hingga Rp 15 Juta.

Next

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya