Toyota Luncurkan Hyryder, Pesaing Baru Hyundai Creta

Oleh Redaksi Otosia pada 05 Jul 2022, 18:10 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 18:10 WIB
Toyota Urban Cruiser Hyryder (Toyota India)
Toyota Urban Cruiser Hyryder (Toyota India)

Otosia.com Setelah beberapa kali kedapatan sedang tes jalan, Toyota India resmi memperkenalkan All New Toyota Urban Cruiser Hyryder. Mobil ini diposisikan sebagai Compact SUV yang akan bersaing dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

SUV ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Suzuki di India dengan mesin hybrid. Perbedaan model keduanya terletak pada styling, harga dan pilihan fitur.

Untuk sementara baru versi Toyota lebih dulu dirilis, sementara kembarannya dari Suzuki belum diketahui kapan diluncurkan.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Eksterior

Sisi belakang Toyota Hyryder (autocarindia.com)

Melansir autocarindia.com, Senin (4/7/2022), tampilan Toyota Hyryder mengambil inspirasi dari beragam SUV Toyota di berbagai negara. Fascia depan dinominasi oleh air dam besar di bawah dan grill simpel di atasnya.

Wajah mobil ini dipercantik dengan sepasang DRL LED. Pertama menyatu dengan grill, sedangkan yang kedua melingkari lampu utamanya yang sudah LED.

Next

Sisi samping tampil kokoh dengan penggunaan desain layaknya mobil SUV. Over fender dibuat lebih menonjol keluar dan sekeliling bodi dipasangkan body cladding berwarna hitam. Sebagai pelengkap adalah pelek lima palang 17 inci dan atap yang sama-sama berkelir two tone.

Sektor buritan menampilkan desain bumper yang menonjol keluar dan letak lampu mundur, sein dan reflector yang terpisah dari lampu utama. Sedangkan lampu pengereman sudah menggunakan LED dan membentuk huruf "C".

Mobil ini juga sudah dipasangkan keyless entry, spion lipat elektrik dan roof rails di atap.

Next

Interior

Interior Toyota Hyryder (autocarindia.com)

Interior Toyota Hyryder lagi-lagi mengambil tema serba modern, namun dengan beberapa bagian terlihat bersumber dari Suzuki.

Secara keseluruhan interior SUV ini terlihat dipenuhi beragam fitur, seperti speedometer digital, head unit besar, AC digital otomatis, cruise controlaudio steering switch, serta tombol start-stop engine berwarna biru, sebagai penanda mobil hybrid.

Bahkan pada varian termahal Hyryder V disematkan sistem audio 6 speaker buatan Arkamys, jok dan setir dilapisi bahan kulit, wireless chargingHeads Up Display (HUD), panoramic sunroof dan ambient lighting.

Kesamaan model ini dengan Suzuki terlihat pada bagian setir, panel AC dan head unit. Meski belum dikonfirmasi, ketiga bagian tersebut mirip seperti kepunyaan Suzuki Baleno facelift yang meluncur di awal tahun ini.

Next

Keselamatan dan performa

Mesin Toyota Hyryder (motorbeam.com)

Peranti keselamatan juga terbilang lengkap. Tipe termahal Hyryder sudah dilengkapi 6 airbags, kamera 360, Hill Descent Control (HDC), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), ABS, EBD, Hill Hold Control (HHC), dan Vehicle Stability Control (VSC).

Namun demikian fitur keselamatan aktif layaknya Advanced Driver Assitance System (ADAS) masih absen. Teknologi seperti Lane Keep Assist (LKA) dan Adaptive Cruise Control (ACC) belum ditemui pada mobil ini.

Next

Toyota Hyryder dibekali dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin 1.500cc Toyota New Global Architecture (TNGA) Atkinson Cycle dengan semburan tenaga 92 hp dan torsi 122 Nm. Mesin tersebut digabungkan dengan motor listrik dan menghasilkan 79 hp dan torsi 141 Nm.

Jantung pacunya juga disambungkan dengan baterai Lithium-ion berukuran 177.6 Volt. Dengan peranti tersebut, Toyota mengklaim SUV ini bisa berjalan menggunakan listrik murni sejauh 25 km.

Next

Opsi mesin kedua mesin Neo Drive yang berasal dari Suzuki, yakni K15C mild hyrid dengan Integrated Starter Generator (ISG). Jantung pacu ini menghasilkan output 103 hp dan torsi 137 Nm. Mesin ini juga digunakan pada Ertiga hybrid dan XL6 hybrid facelift di India.

Harga Toyota Hyryder baru akan diumumkan pada bulan Agustus mendatang.

Lantaran Toyota Hyryder punya kembaran, bisa jadi versi Suzuki berpotensi masuk pasar Indonesia dan menggantikan Suzuki S-Cross. Menarik untuk ditunggu.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya