Viral Pemobil Belok ke Hotel Dikira Hindari Razia Polisi, Padahal Memang Tengah Menginap

Oleh Redaksi Otosia pada 27 Jun 2022, 09:20 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 09:20 WIB
Polisi razia pemobil yang belok ke hotel (Instagram/hariankopas)
Polisi razia pemobil yang belok ke hotel (Instagram/hariankopas)

Otosia.com Baru-baru ini seorang pengendara mobil membuat heboh publik. Lantaran ia dengan tegas tak mau ikut polisi saat dirazia di parkiran sebuah hotel.

Rupanya kala itu ia memang tengah menginap di hotel tersebut. Hanya saja polisi mengira jika dirinya belok ke hotel untuk menghindari razia. Video yang memerlihatkan kejadian ini awaknya diunggah oleh akun TikTok @jurnaliswarga62 dan diposting ulang Inistagram @hariankopas pada Minggu (26/6/2022).

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/ahm)

Kronologi

Awalnya seorang pria perekam video tengah berkendara kemudian masuk ke parkiran hotel. Tanpa diduga ia dihampiri dua orang polisi yang hendak merazia dirinya.

Setelah itu, pemobil tersebut dimintai SIM dan diminta ikut polisi ke titik razia. Tanpa basa-basa ia tak mau, karena memang tak berniat menghindari razia dan sedang menginap di hotel. Kemudian ia meminta polisi untuk menunjukkan Surat Tugas Razia (SPT).

"Oke boleh lihat SPT-nya, boleh bawa sini pak," katanya.

"Surat perintah razianya bawa sini saya tunggu bapak di sini. Saya enggak kemana-mana, memang saya di sini (hotel)," imbuhnya.

Next

Polisi tetap memintanya datang ke titik razia. Meski begitu ia tetap tak mau dan menjelaskan bahwa aksi polisi yang datang merazianya salah. Lantaran telah melampau titik razia seperti yang ada di undang-undang.

"Kalau razia resmi sesuai undang-undang itu titiknya harus 50 meter pak," jelasnya.

"Itu salah pak plang razia itu seharusnya titik 50 meter undang-undang bener nggak, kita buka undang-undangnya," timpalnya lagi.

"Bener," jawab polisi.

Laporan ke Komandan

Ia menjelaskan bahwa ia tak masalah diperiksa polisi dan siap menunjukkan dokumen yang dibutuhkan. Hanya saja pemobil tersebut meminta polisi untuk membawa SPT ke tempat parkiran hotel.

Kemudian salah satu polisi langsung menaiki motor untuk melaporkan kejadian ini ke komandan. Tak lama saat polisi kembali lagi, tetap saja dirinya diminta ke titik lokasi razia.

"Saya sekarang gak minta komandan, saya minta SPT bapak. Coba SPT bapak aja," tegasnya.

"Bapak bawa aja ke sini (SPT) selesai itu masalah. Bapak mau lihat apa SIM STNK, saya tunggu di sini. Kan saya bilang tadi saya nginep di sini, saya gak kemana-mana," jelasnya lagi.

Next

Tak menemui titik terang akhirnya polisi kembali ke posnya lagi. Kemudian datang lagi dan meminta dirinya untuk menurut datang ke pos titik razia. Setelah itu, polisi menegur dirinya karena telah merekam kejadian razia ini.

"Kalau di tempat umum perlu izin gak," tanyanya.

"Iya bapak harus minta izin secara langsung," jawab polisi.

"Undang-undangnya apa, ayo coba tunjukkan undang-undangnya," timpalnya.

Diketahui kejadian ini terjadi di Kabupaten Aceh Utara. Sementara itu, akhir dari insiden tersebut belum diketahui juga hingga berita ini ditulis.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 3 ribu kali ini mendaptakan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut dengan pemobil tersebut.

"Di minta SPT bolak balik kek yg betul. Kalo gw mending balik aja bdua. Biar gak malu2in," tulis aden.isel666

"Keren ini yg merekam, tegas dan sat set was wes wos," komentar rakydis

"Ga tepat sasaran, yang ada malah bikin malu polisi ituu sendiri," jelas f_abdillah22

"Kita harus belajar undang2 seperti bapak ini, supaya tidak mudah dipermainkan oleh "oknum" aparat," ungkap pm_wiguna

"Paling demen ge ama orang cerdas beginiiii," jelas odlavaldo

Next

 

 

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya