Kenali Tanda-tanda Kerusakan Mobil dari Warna Oli yang Rembes

Oleh Redaksi Otosia pada 23 Jun 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 21:30 WIB
Ilustrasi kebocoran oli (casselsgarage.com)
Ilustrasi kebocoran oli (casselsgarage.com)

Otosia.com Ketika asap keluar dari knalpot biasanya akan tercium bau aneh dari mobil. Ini bisa jadi ada kebocoran oli di mobil.

Tentu kondisi demikian tidak diharapkan pemilik kendaraan. Terlebih kebocoran terjadi saat mobil berada di jalan, sehingga tidak mungkin melakukan pembongkaran.

Ternyata tetesan cairan di bawah kolong ruang mesin mobil dapat menjadi pertanda bahwa ada komponen pada mesin yang bermasalah. Namun pemilik mobil bisa mengenali dan mendeteksi kebocoran cairan mobil dari warnanya.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

Berdasarkan postingan akun Instagram resmi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) @tmmin_id, Minggu (19/6/2022), misalnya tetesan berwarna merah dan bening. Cairan bening, berwarna merah dan teksturmya cair seperti air, maka kemungkinan itu adalah cairan pendingin radiator di mesin mobil.

Kemudian warna merah dan kental biasanya merupakan minyak rem, oli power steering atau oli transmisi matic. Kekentalan cairan ini biasanya lebih encer daripada oli mesin.

Next

Jika cairan berwarna coklat kehitaman dan kental, dipastikan merupakan oli mesin. Biasanya kebocoran ini berasal dari ruang mesin karena adanya tahan paking atau seal yang sudah buruk.

"Jika sudah mengetahui adanya kebocoran pada mesin mobil segera melaukan perbaikan agar tidak berakibat fatal di kemudian hari," imbuh TMMIN dalam postingannya.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya