Daihatsu Gran Max "Bersolek" di Negeri Jiran, Indonesia Kapan?

Oleh Redaksi Otosia pada 19 Jun 2022, 08:30 WIB
Diperbarui 19 Jun 2022, 08:30 WIB
Daihatsu Gran Max Euro 4 Minor Change meluncur di Malaysia (paultan.org)
Daihatsu Gran Max Euro 4 Minor Change meluncur di Malaysia (paultan.org)

Otosia.com Daihatsu Gran Max sudah cukup lama mengaspal di Indonesia. Tidak terasa salah satu mobil niaga terlaris ini sudah berumur belasan tahun sejak diperkenalkan tahun 2007 lalu.

Hingga saat ini, mobil niaga andalan Daihatsu tersebut minim menerima perubahan. Bahkan pada saat Gran Max facelift hadir di Jepang dengan berbagai improvement, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) malah tidak berniat memasarkannya ke Indonesia.

"Kami selalu membuat produk berdasarkan kebutuhan konsumen. Kami sudah survei, mereka butuh fungsi dan performa daripada tampilan," kata Amelia Tjandra, saat masih mejabat sebagai Marketing Director ADM kala itu.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Versi Malaysia

Beberapa improvement pada Daihatsu Gran Max Euro 4 minor change di negeri jiran (paultan.org)

Setelah Jepang, Gran Max di negeri jiran baru-baru ini menerima penyegaran. Melansir paultan.org, Jumat (17/6/2022), Daihatsu Malaysia merilis Gran Max Euro 4 minor change yang mendapatkan serangkaian upgrade dari segi fitur.

Tipe pikap maupun minivan kini dilegnkapi power windows untuk pengemudi dan penumpang, head unit double din berukuran 7 inci yang bisa terkoneksi dengan handphone, colokan USB fast charging, serta kamera mundur.

Next

Sementara tampilan dan performa Gran Max terbaru di Malaysia ini tidak berbeda dengan versi Euro 4 yang diperkenalkan tahun lalu.

Setiap model dibenamkan mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 97 hp dan torsi 134 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi manual 5 percepatan. Khusus varian panel van bisa dipilih dengan girboks otomatis 4 percepatan.

Daihatsu Gran Max minor change dijual mulai dari RM 74.736-78.836 atau Rp 251,3-265,1 juta (dengan kurs RM 1 = Rp 3.363,49).

Next

Versi Indonesia

Daihatsu Gran Max di Indonesia (ADM)

Di sisi lain, Daihatsu Gran Max di Indonesia masih mempertahankan spesifikasi yang sama sejak awal peluncurannya.

Mobil niaga ini masih mengusung desain mengotak dan simpel, minim tarikan garis agresif. Konsep sederhana ini berlanjut menular ke fitur yang disematkan, seperti lampu masih halogen dan pelek bawaan berukuran 13 inci.

Lalu bagian interior mobil ini juga sangat sederhana dan minim fitur, layaknya mobil niaga pada umumnya. Sebagai contoh, setiap kaca dibuka-tutup secara manual, bagian pintu masih ditutupi bahan vinyl, dan belum dilengkapi peranti keselamatan mendasar seperti airbags atau ABS.

Next

Interior Daihatsu Gran Max pickup di Indonesia (ADM)

Namun demikian mobil ini terbilang praktis dan tangguh, bisa digunakan untuk membawa penumpang ataupun barang-barang.

Gran Max lokal tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin 1.300cc dengan tenaga 88 PS dan torsi 114.7 Nm, lalu kedua jantung pacu 1.500cc yang menghasilkan output 97 PS dan torsi 134.3 Nm.

Setiap pilihan mesin menyalurkan tenaga ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan.

Daihatsu Gran Max bisa dipinang dengan harga mulai dari Rp 149,5 juta hingga Rp 161,3 juta untuk versi Pick Up, sedangkan Gran Max Mini Bus dijual dari Rp 161,85 juta hingga Rp 228,2 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya