Naik Motor Pakai Sandal Jepit Tidak Ditilang, tapi...

Oleh Redaksi Otosia pada 17 Jun 2022, 14:12 WIB
Diperbarui 17 Jun 2022, 14:12 WIB
Ilustrasi pemotor wanita berboncengan memakai sandal dan tanpa helm (Otosia.com/Nazar Ray)
Ilustrasi pemotor wanita berboncengan memakai sandal dan tanpa helm (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com Perlengkapan berkendara sepeda motor yang baik dapat mengurangi fatalitas dampak kecelakaan lalu lintas. Inilah yang kemudian dihimbau Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi agar pengguna sepeda motor tidak lagi memakai sandal jepit.

Lantaran sebagai himbauan, Firman Shantyabudi menegaskan, tidak ada tilang untuk pengendara roda dua yang menggunakan sandal jepit,. Namun petugas akan memberikan himbauan dan edukasi jika menemukan pengendara menggunakan sandal jepit.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/nzr)

Next

"Kemarin kita sampaikan penggunaan pakaian yang memberikan perlidungan berkendara. Kita sudah mengenal helm, tapi bagaimana dengan anggota tubuh yang lain. Itulah kemarin saya bicara jangan pakai sendal deh kalau bisa. Bukan berarti yang pakai sendal mau ditilang," kata Firman seperti dikutip dari Instargam NTMC Polri, kemarin (16/6/2022).

"Tapi bahaya, kalau dia jatuh, lecet minimal. Tapi kalau pakai sepatu ada perlindungan lain. Syukur-syukur itu sepeatu motor. Kalau mahal iya, tidak ada yang murah, Tapi jauh lebih mahal nyawa kita," imbuhnya. 

Next

Meski memakai helm, banyak pemotor belum sadar risiko fatalitas memakai sandal (Otosia.com/Nazar Ray)

Penegasan Kakorlantas tersebut sekaligus jawaban mengenai kabar polisi akan melalukan penilangan bagi pengendara motor yang memakai sandal jepit dalam Operasi Patuh Jaya yang digelar hingga 26 Juni 2022.

Operasi Patuh Jaya 2022 melibatkan sebanyak 3.070 personel kepolisian guna melancarkan operasi kali ini.

Next

"Dengan himbauan-himbauan yang saya sampaikan kemarin memperkecil resiko, memperkecil risiko fatalitas laka. Itulah kemarin kita sarankan kepada pemgemudi roda dua, karana kecelakaan paling tinggi ini roda dua,” ujarnya.

Ke depannya Kakorlantas yakin masyarakat akan mulai sadar memproteksi diri, dengan peralatan lengkap saat berkendara, khususnya sepeda motor. 

Next

Sementara itu Kakorlantas menyatakan Operasi Patuh Jaya 2022 ini diharapkan dapat memberi kesadaran kepada masyarakat dalam berlalu lintas, khususnya untuk mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan.

Operasi kali ini tidak difokuskan dalam tindak penilangan. Anggota kepolisian di lapangan lebih mengutamakan tindakan preventif dengan memberi edukasi.

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya