Selisihnya Cuma Rp 5 Jutaan, Enakan Pilih Honda HR-V RS atau Toyota Corolla Cross Hybrid?

Oleh Redaksi Otosia pada 15 Jun 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 15 Jun 2022, 08:00 WIB
Honda HR-V RS (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
Honda HR-V RS (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com Beberapa waktu lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan All New Honda HR-V. Crossover tersebut menerima perubahan total, mulai dari segi tampilan hingga teknologi yang disematkan.

Honda HR-V terbaru ditawarkan dengan berbagai macam model. Paling mahal adalah Honda HR-V RS yang dibanderol Rp 513,9 juta.

Harga tersebut hanya selisih sekitar Rp 5 jutaan dibanding Toyota Corolla Cross hybrid. Honda HR-V RS berperforma tinggi dan Corolla Cross hybrid lebih ramah lingkungan, mana dua di antara SUV ini yang lebih unggul.

 

 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Eksterior

Toyota Corolla Cross hybrid (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dimulai dari tampilan luar. Honda HR-V terbaru mengusung tampilan baru dengan desain yang lebih modern dan sleek. Berbeda dengan model sebelumnya, generasi ketiga ini mempunyai tampilan lebih tajam dan sporti.

Khusus Honda HR-V RS, mobil ini disematkan fitur-fitur tersendiri seperti lampu depan dan belakang LED, panoramic glass roofkeyless entry, pelek berwarna hitam, grill berbeda, atap two tone dan bodykit khusus.

Next

Sementara Toyota Corolla Cross hybrid mempertahankan desain yang telah digunakan sejak tahun 2020. Mobil ini mempunyai tampilan yang sama dengan Corolla Cross bensin, namun diberikan sejumlah aksen berwarna biru untuk mendandakan teknologi hybrid.

Dengan demikian SUV ini dilengkapi lampu depan dan balakang LED, electric sunroof yang bisa dibuka-tutup, pelek berwarna two tone, dan keyless entry.

Interior

Interior Honda HR-V RS (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Bagian interior kedua mobil ini mempunyai keunggulan masing-masing. HR-V mempunyai desain dasbor layaknya mobil Honda terbaru yang terlihat lebih fresh. Honda meningkatkan kemewahan crossover ini melalui fitur speedometer digital, jok kulit, head unit multifungsi.

Sedangkan interior Toyota Corolla Cross hybrid memberikan kesan premium, lantaran basis mobil ini adalah Corolla sedan. Kelangkapan kabin mobil ini tidak jauh berbeda dengan HR-V RS, kecuali kursi pengemudi sudah elektrik, AC dual zone dan ada ambient lighting.

Perbedaan bagian interior paling mencolok di antara keduanya terletak di atap dan bagasi. HR-V lebih unggul dengan adanya panoramic glass roof, namun pengoperasiannya masih manual dan kaca di baris kedua menggunakan mekanisme clip on.

Lalu ruang bagasi Toyota Corolla Cross hybrid lebih praktis dan ruang kepala penumpang baris kedua lebih lapang, karena bentuk atap belakang Honda HR-V lebih menukik.

Next

Keselamatan dan performa

Interior Toyota Corolla Cross hybrid (TAM)

Sisi keselamatan Honda HR-V RS lebih baik dibanding Toyota Corolla Cross hybrid. Mobil ini sudah dilengkapi peranti Honda Sensing yang mencakup Lane Keep Assist (LKA), Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS) dan lainnya.

Sementara Corolla Cross hybrid hanya dipasangkan airbags 6 buah, Hill Start AsssistVehicle Stablity Control dan Emergency Stop Signal. Seluruh fitur keselamatan ini sudah menjadi standar di HR-V.

Soal performa, Honda HR-V RS mempunyai mesin yang spesial. Crossover ini dibenamkan mesin 1.500cc turbo yang menghasilkan output 177 PS dan torsi 240 Nm, membuatnya sebagai Compact SUV terkencang di kelasnya.

Next

Di sisi lain, Toyota Corolla Cross hybrid memboyong mesin yang lebih ramah lingkungan. Mesin 1.800cc 2ZR-FXE dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi 142 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan motor listrik dengan daya pacu 72 PS dan torsi 162 Nm.

Kedua crossover ini menyalurkan tenaga mesin ke roda depan (FWD) dan sama-sama menggunakan transmisi CVT. Kendati demikian, mesin hybrid Toyota dapat dipastikan mempunyai konsumsi bahan bakar lebih irit dan bisa jadi menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Untuk harga, Honda HR-V RS dibanderol Rp 513,9 juta, sedangkan Toyota Corolla Cross hybrid dijual Rp 519,2 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya