Lama Tanpa Perubahan, Beginikah Wujud Toyota Sienta Terbaru?

Oleh Redaksi Otosia pada 04 Jun 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 04 Jun 2022, 10:45 WIB
Render New Toyota Sienta (bestcarweb.jp)
Render New Toyota Sienta (bestcarweb.jp)

Otosia.com Merek mobil Toyota tidak asing dengan produk MPV. Di Indonesia sendiri merek asal Jepang ini menjual beberapa model, seperti Avanza, Veloz, Kijang Innova, Alphard, Calya dan Sienta.

Khusus model terakhir, mobil ini terbilang sudah layak mendapat model baru. Toyota Sienta sudah dijual secara global sejak tahun 2015, sedangkan di Indonesia terakhir mendapat improvement di tahun 2019.

Setelah kurang lebih mengaspal 7 tahun secara internasional, Toyota Sienta dikabarkan akan mendapatkan model baru. Melansir bestcarweb.jp, Kamis (2/6/2022), mobil keluarga ini bakal menerima perubahan total dari segi eksterior dan interior.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Bodi mengotak

Sisi belakang render Toyota Sienta terbaru (bestcarweb.jp)

Toyota Sienta terbaru bakal mengusung bentuk bodi cenderung mengotak. Konsep ini berbeda dengan model saat ini yang kerap dikenal mempunyai desain yang membulat, mulai dari bagian lampu hingga garnish sekitar bumper.

Model terbaru Sienta digadang-gadang punya dimensi panjang 4.260 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi sekitar 1.695 mm hingga 1.705 mm. Dimensi ini cukup mirip dengan Sienta saat ini, namun lebih tinggi 20 mm. Dengan demikian interior MPV ini menjadi lebih lapang.

Next

Selain bentuk bodi yang berbeda, Toyota Sienta terbaru juga mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) berkode "GA-B" yang di klaim sanggup meningkatkan kepraktisan dan keselamatan secara keseluruhan.

Sementara bagian kabin juga menerima perubahan signifikan. New Toyota Sienta akan disematkan head unit berukuran 10.5 inci, seperti kepunyaan Voxy/Noah terbaru. Model yang lebih murah akan dipasangkan head unit 8 inci.

Toyota Sienta juga kelak disematkan hands free power sliding door yang bisa dioperasikan melalui ayunan kaki di bawah pintu baris kedua. Tipe rendah lainnya hanya mendapatkan power sliding door biasa.

Keselamtan dan performa

Toyota Sienta di Indonesia saat ini (TAM)

Layaknya mobil Toyota terbaru, Sienta juga mendapatkan peranti keselamatan canggih Toyota Safety Sense (TSS) yang diharapkan bisa meminimalisir atau mencegah kecelakaan.

Tidak hanya itu mobil ini juga mendapatkan fitur keselamatan terbaru lainnya, seperti Advanced Park yang memudahkan pengoperasian memarkir mobil, Blind Spot Monitor, dan Panoramic View Monitor.

Next

Toyota Sienta juga dibenamkan mesin baru 1.500cc hybrid tiga silinder dengan semburan tenaga 91 PS dan torsi 120 Nm. Pilihan lainnya adalah mesin konvensional 1.500cc empat silinder naturally aspirated yang menghasilkan output 120 PS dan torsi 145 Nm.

Versi hybrid menawarkan opsi penggerak empat roda (4WD) melalui teknologi E-Four, atau penggerak roda depan (FWD). Sienta dengan mesin konvensional tidak tersedia dengan pilihan 4WD.

Mobil ini sudah bisa dipesan di Jepang mulai pertengahan bulan Juni hingga Juli. Namun waktu ini bisa ditunda hingga bulan September, jika ada masalah suplai chipsemikonduktor.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya