Toyota Siapkan Fortuner Terbaru Tahun Depan, Usung Mesin Hybrid?

Oleh Redaksi Otosia pada 30 Mei 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 30 Mei 2022, 17:30 WIB
Toyota Fortuner GR Sport (TAM)
Toyota Fortuner GR Sport (TAM)

Otosia.com Toyota Fortuner merupakan salah satu SUV terlaris di Indonesia. Mobil ini terakhir menerima penyegaran pada awal tahun 2022, di mana Fortuner disematkan mesin baru berkapasitas 2.800cc turbo.

Selebihnya mobil itu tidak mengalami improvement signifikan. Toyota Fortuner 2.8 melanjutkan paket yang sama, setelah Toyota mengubah merek sporti TRD menjadi Gazoo Racing (GR) pada bulan Agustus 2021 lalu.

Kendati demikian Toyota Fortuner belum mendapatkan pergantian generasi baru. SUV ini pada dasarnya adalah mobil yang sama seperti Fortuner yang diperkenalkan pada tahun 2016 silam. 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Generasi ketiga

Ilustrasi Toyota Fortuner hybrid (headlightmag.com)

Setelah beberapa kali mendapatkan penyegaran di dalam dan luar Indonesia, Toyota Fortuner dikabarkan akan berganti model. Melansir headlightmag.com, Senin (30/5/2022), Toyota Fortuner generasi ketiga bakal diluncurkan di Thailand tahun depan.

All New Fortuner akan mengusung sasis dari platform Toyota New Global Atchitecture (TNGA) model F. Platform tersebut dirancang khusus untuk mobil dengan sasis ladder frame dan sudah digunakan di beberapa mobil Toyota terbaru, seperti Toyota Tundra di Amerika Serikat atau Toyota Land Cruiser 300.

Next

Sementara untuk sektor performa, model ini akan dibenamkan mesin diesel berteknologi Mild Hybrid. Sistem hybridnya akan membantu mobil untuk berakselerasi, sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.

Salah satu alasan utama menggunakan teknologi ramah lingkungan hybrid adalah untuk memberikan proses transisi yang natural, dari mesin konvensional ke mesin berbasis listrik.

Next

Toyota Fortuner di Indonesia (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Mesin yang digunakan tidak jauh berbeda dengan Fortuner saat ini, yakni jantung pacu 2.800cc 1GD-FTV turbo diesel yang menghasilkan tenaga 201 hp dan torsi 500 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda belakang (RWD) atau setiap roda (4WD).

Spesifikasi ini berbeda dengan Toyota Kijang Innova, mobil keluarga yang mempunyai common parts dengan Fortuner. Model terbaru MPV itu dikabarkan kelak sudah tidak lagi tersedia dengan mesin diesel dan berpenggerak roda depan (FWD).

Namun demikian keberadaan dan detail-detail lain terkait mobil ini masih misterius. Belum diketahui seperti apa bentuk baru dari Fortuner generasi ketiga atau seperti apa spesifikasi mesin diesel hybrid bawaannya.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya