Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mengisi Freon AC Mobil Agar Tetap Dingin

Oleh Redaksi Otosia pada 24 Mei 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 21:30 WIB
Ilustrasi AC mobil (Istimewa)
Ilustrasi AC mobil (Istimewa)

Otosia.com Mengisi freon AC mobil harus memperhatikan beberapa cara agar tak mengalami kesalahan yang mengakibatkan AC tidak sejuk lagi. Tentunya hal ini dapat mengganggu kenyamanan Otolovers selama perjalanan. 

Sebenarnya untuk memudahkan kalian ketika pemasangan, dapat memanggil teknisi yang berpengalaman, namun uang yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Sehingga lebih murah jika Otolovers memasangnya sendiri. 

Nah, untuk melakukan pengisian, kalian harus benar-benar memperhatikan caranya supaya hasil yang didapatkan maksimal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengisi freon AC.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/ahm)

Next

1. Memasang berbagai kabel yang berada pada manifold gauge menuju portnya masing-masing.

  • Selang warna kuning yang ada di tengah ke tabung freon.

  • Selang warna biru ke Low Pressure Pentil.

  • Selang warna merah ke High Pressure Pentil.

  • Valve harus dipastikan tertutup secara rapat sebelum memulai pengisian.

Next

2. Jika seluruh kabel telah terhubung, selanjutnya membuka valve pada tabung. Caranya dengan sedikit longgarkan mur pada selang kuning yang menempel ke manifold gauge sedikit saja supaya udara yang masih ada pada kabel kuning keluar. Kemudian Tunggu hingga 4 detik sampai terdengar bunyi mendesis.

3. Jangan lupa untuk menutup kembali valve pada tabung dan mur menuju selang kuning dengan rapat.

Next

4. Langkah selanjutnya adalah Otolovers harus membuka jendela mobil dan menyalakan mesin bersamaan dengan AC pada setting suhu paling dingin.

5. Hidupkan mesin sampai running mencapai 1100 hingga 1500 rpm.

6. Apabila telah berhasil menghidupkan mesin, buka kedua valve pada manifold gauge, kabel warna merah dan biru, hingga terbaca petunjuknya. Secara ideal maksimum PSI nya adalah 40 pada tekanan rendah dan maksimum 225 PSI pada tekanan tinggi. Jika kurang, berarti freon harus ditambah.

Next

7. Agar aman, seluruh valve harus di tutup, kemudian buka sedikit valve yang ada pada tabung.

8. Mulai lah untuk mengisi freon diawali dengan membuka valve berwarna biru pada low pressure terlebih dahulu. Diamkan beberapa waktu hingga penunjukan naik hingga terbaca 35-40 PSI.

9. Tutup valve low dan valve tabung dalam kondisi mesin tetap menyala.

Next

10. Valve low kemudian dibuka kembali, beserta valve high berwarna merah. Tunggu beberapa saat lagi sampai penunjukan pada high pressure terbaca 200 PSI.

11. Apabila belum mencapai batas maksimum tersebut, seluruh valve di tutup kembali dan mengulang cara pembukaan valve low dan high tersebut hingga batas maksimum tercapai. Jika Otolovers telah mengulang cara di atas namun masih saja gagal, berarti ada sistem yang tidak bekerja secara sempurna.

Demikian, cara mengisi freon AC yang dapat Otolovers lakukan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya