Kapan Lagi Punya Mobil Sekelas Alphard Harga Jauh Lebih Murah? Nih, Model Baru Buatan China

Oleh Redaksi Otosia pada 20 Mei 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 18:30 WIB
BYD Denza D9 (cnevpost.com)
BYD Denza D9 (cnevpost.com)

Otosia.com Segmen mobil mewah cukup ramai di Indonesia. Meski mengusung harga yang tinggi, kategori ini mempunyai target pasanya sendiri.

Khusus premium MPV, di Indonesia Toyota Alphard seperti tidak mempunyai lawan-lawan berat di Indonesia. Pesaing terbarunya datang dari Hyundai Staria.

Untuk Melawan Toyota Alphard, beberapa pesaingnya mempersenjatai diri dengan harga yang lebih terjangkau dan fitur yang mumpuni.

Jika di Indonesia Alphard berjaya di segmen MPV premium, lain halnya di negeri Tirai Bambu. Di Tiongkok ada produsen mobil yang berpotensi menyaingi Alphard dan bahkan mempunyai bahasa desain yang sama.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

MPV berbasis listrik

Interior Denza D9 (carnewschina.com)

Melansir carnewschina.com, Kamis (19/5/2022), merek asal Tiongkok BYD baru-baru ini meluncurkan MPV terbarunya bernama Denza D9. Mobil ini mengusung tenaga listrik dan terbilang mirip dengan Toyota Alphard dari segi desain.

Paling mencolok adalah fascia depan di mana Denza D9 mempunyai bentuk grill dengan tarikan garis mirip kepunyaan Alphard. Sedangkan bagian samping dan sektor buritan mempunyai bahasa desain khas MPV premium, yakni tinggi dan mengotak.

Next

Interior Denza D9 tidak kalah mewah dengan MPV dari Toyota Alphard. BYD menyematkan banyak layar dengan beragam fungsi. Salah satunya terletak di sandaran tangan captain seat baris kedua yang bisa digunakan untuk mengatur footrest, pemanas atau pendingin, serta fungsi pijat.

Layaknya mobil modern asal Cina, MPV premium berbasis listrik ini sudah dipasangkan peranti keselamatan aktif otonom Level 2. Maka fitur seperti Lane Keep Assist (LKA), Collision Mitigation Braking System (CMBS) dan Adaptive Cruise Control (ACC) sudah ada di mobil ini.

Next

Performa dan harga

Sisi belakang Denza D9 (carnewschina.com)

BYD Denza D9 tersedia dengan pilihan hybrid atau Battery Electric Vehicle (BEV). Varian hybrid dibenamkan mesin 1.500cc turbo dengan motor listrik dan baterai, dalam wujud Plugin Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Versi ini diklaim bisa menempuh jarak sejauh 945 km atau 1.040 km dalam mode hybrid.

Dalam mode listrik murni, Denza D9 bisa berjalan sejauh 190 km. Daya pengecasan varian hybrid tercatat di angka 80 kW DC fast charging.

Next

Sementara versi BEV sanggup menjelajah sejauh 600 km dalam sekali pengecasan. Yang menarik tipe listrik ini bisa menggunakan pengecasan dengan daya sebesar 166 kW.

BYD Denza D9 dibanderol mulai dari 335.000 Yuan atau Rp 729,4 juta (dengan kurs 1 Yuan = Rp 2.177,44) untuk tipe hybrid termurah. Varian termahal dengan daya pacu listrik dijual 660.000 Yuan atau Rp 1.43 miliar.

Harga tersebut terbilang cukup terjangkau untuk konsumen asal Tiongkok. Yang menarik, MPV mewah ini terjual sebanyak 3.000 unit dalam waktu 30 menit seusai peluncuran perdananya.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya