Simak, Ini Cara Mencuci Mobil yang Baik dan Benar

Oleh Redaksi Otosia pada 17 Mei 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 21:30 WIB
Ilustrasi mencuci mobil (Istimewa)
Ilustrasi mencuci mobil (Istimewa)

Otosia.com Menjaga kebersihan mobil merupakan sebuah hal yang sangat penting untukdilakukan bagi setiap orang yang memiliki kendaraan. Hal ini tidak lain untuk menjaga kebersihan area mobil serta menghindarkan pengendara dari berbagai kuman akibat kotoran yang menumpuk.

Namun, perlu Otolovers ketahui jika dalam proses pencucian ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa tahap yang harus kalian lalui dengan benar. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mencuci mobil yang benar.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/ahm)

Next

  1. Menyiapkan Peralatan

Sebelum memulai pencucian, pastikan jika Otolovers sudah mempersiapkan peralatan dengan lengkap dan benar. Hal ini bertujuan agar proses pencucian berjalan dengan lancar. Biasanya peralatan yang digunakan adalah shampo, spons, lap microfiber, dan juga sikat.

Pastikan seluruh peralatan tersebut khusus diperuntukkan bagi mobil agar bodi luar tidak mengalami lecet dan aman bagi cat. 

Next

  1. Membasahi Seluruh Bodi Mobil

Setelah menyiapkan beberapa peralatan di atas, hal yang harus Otolovers lakukan adalah dengan membasahi seluruh bodi mobil. Setelah itu diamkan mobil beberapa saat, agar kotoran yang menempel bisa luntur. 

Fungsi melakukan penyemprotan ini terlebih dahulu adalah untuk melunakkan sisa-sisa kotoran kering agar benar-benar terangkat dan mudah dibersihkan. Saat Otolovers menggunakan alat penyemprot bertekanan tinggi, sebaiknya jangan terlalu frontal. Supaya aman kalian dapat melakukannya dengan posisi menyamping. 

Jika Otolovers menyemprot area bodi dengan tekanan air tinggi, maka kemungkinan akan mengakibatkan bodi menjadi penyok atau cat yang mengelupas.

Next

  1. Sediakan Dua Ember Untuk Mencuci

Agar hasil yang diinginkan maksimal, sebaiknya Otolovers menyiapkan dua buah ember yang masing-masing ember berisi shampo dan air bersih. Kondisi ini bertujuan agar kotoran tidak bercampur karena menggunakan satu ember yang sama. 

Ember yang satu lagi digunakan untuk membersihkan ban. Biasanya ban dan velg akan jauh lebih kotor karena bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Sehingga peran ember khusus sangat dibutuhkan agar kotoran ban tidak berpindah pada area bodi. 

Next

  1. Menggunakan Sabun Khusus Cuci Mobil

Penggunaan sabun juga perlu diperhatikan, hindari menggunakan sabun colek khusus piring maupun pakaian. Hal tersebut dikarenakan akan merusak cat dan bodi lainnya.  Langkah untuk menggunakan benda ini adalah setelah seluruh area bodi basah, gosokkan sabun hingga menyeluruh. 

Dari sekian banyak merek shampo mobil, sebaiknya Otolovers memilih sabun yang dapat menyeimbangkan pH (tingkat keasaman) dari air yang digunakan. Jika Otolovers menemukan kotoran atau jamur yang tak kunjung hilang dari bodi mobil setelah menggunakan sampo, jangan tergesa-gesa untuk menggosoknya terlalu keras. Karena, dapat menghilangkan lapisan pernis cat mobil.

Next

  1. Mencuci Mobil dari Atas ke Bawah

Langkah selanjutnya kalian dapat mencuci mobil dari bagian atas terlebih dahulu. Pada area bawah sangat dipenuhi oleh kotoran, sehingga dikhawatirkan memulai dari posisi bawah malah akan memperkotor mobil.

Usahakan untuk mencuci bagian terbersih dahulu agar hasil yang diperoleh maksimal. Jangan lupa untuk memperhatikan sudut-sudut yang susah dijangkau agar tidak menyisakan kotoran. 

Next

  1. Bilas Menggunakan Air Bersih

Setelah semuanya berhasil dilakukan, langkah terakhir adalah dengan membilas seluruh area bodi mobil menggunakan air bersih. Kemudian dilanjutkan untuk mengeringkan menggunakan kain/lap microfiber agar tetap menjaga keamanan bodi mobil. 

Pastikan pada proses ini kalian benar-benar membilas dan mengelap dengan bersih agar tidak meninggalkan bekas watermark yang diakibatkan oleh sisa sabun. Jika semua langkah ini dapat dilakukan dengan benar maka Otolovers akan mendapatkan hasil yang maksimal, dengan begitu mobil akan terlihat mengkilap. 

Demikian, cara mencuci mobil yang benar sehingga dapat Otolovers terapkan di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi otolovers. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya