Cara Membuka Jok Scoopy, Mudah Banget

Oleh Redaksi Otosia pada 30 Apr 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 30 Apr 2022, 09:30 WIB
Honda Scoopy (Otosia)
Honda Scoopy (Otosia)

Otosia.com Jok motor merupakan tempat duduk yang melekat pada kendaraan bermotor. Umumnya di bawah jok terdapat bagasi yang digunakan untuk membawa barang bawaan penumpang. Namun, sebelum menaruh barang, jok harus terlebih dahulu dibuka.

Honda Scoopy menjadi motor matik yang begitu laris. Apalagi bagasi di bawah joknya terbilang besar dan mampu memuat banyak barang. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah cara membuka jok motor Scoopy.

 

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/ahm)

Desain Honda Scoopy

Motor ini memiliki panjang 1.864 mm, lebar 683 mm dan tinggi 1.075 mm, sehingga dengan dimensi tersebut motor ini sangat cocok digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Bodi dari Scoopy di desain dengan konsep S-Shape yang membentuk seperti huruf S, desain ini menambah kesan retro namun tetap memiliki gaya stylish.

Penggunaan velg dengan diameter 12 inci yang dipadukan dengan ban berprofil tebal, membuat tampilan dari bodi Honda Scoopy 2022 ini terlihat lebih imut dan membulat. 

Di sisi lampu, Scoopy menghadirkan Lampu LED berbentuk oval dengan tetap mempertahankan projector pada varian baru mereka. Kemudian lampu sein yang berbentuk vertikal juga terpasang di setiap sisi motor. 

Pada bagian dek motor di desain dengan tampilan yang rata agar para pengguna dapat dengan fleksibel ketika membawa barang. 

Pada bagian belakang Scoopy masih memiliki desain yang sama dengan pendahulunya, namun pada area lampu memiliki desain baru yang menambah kesan mewah pada motor ini.

Teknologi Honda Scoopy

Honda Scoopy dibekali dengan beberapa fitur canggih, seperti adanya fitur smart key, namun fitur ini hanya ada di varian stylish dan fashion. Dengan adanya fitur ini dapat membantu para pengguna untuk mengoperasikan motor ini tanpa menggunakan anak kunci. 

Lalu di dalam motor ini juga disematkan USB charger, penambahan fitur tersebut berguna bagi pengendara untuk menambah daya smartphone tanpa menggunakan socket adaptor. 

Mesin Honda Scoopy

Honda Scoopy dipersenjatai dengan mesin 1 silinder dan berkapasitas 110cc, eSP, PGM-FI, SOHC 2 klep, berpendingin udara dan tentunya dilengkapi transmisi matic.

Honda Scoopy dapat menghasilkan tenaga sebesar 9,1 PS pada putaran mesin 7.500 RPM dan torsi 9,4 Nm (0,96 kgf.m) di 6.000 RPM. Pada mesin 110cc eSP sudah dilengkapi ACG Starter yang pada saat menyalakan akan terdengar halus. 

Kapasitas mesin Scoopy sama dengan beberapa varian motor Honda lainnya, seperti Honda Beat, Honda Vario 110, dan juga Honda Genio. 

Bahan bakar pada motor ini dapat terbilang irit di kelasnya, karena mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3 (EURO 2 = 61,9 km/liter).

Cara Membuka Jok Scoopy

 1. Geser Tuas Kunci Pada Tulisan Seat

Untuk membuka jok dari Scoopy, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengarahkan tuas kunci yang melekat pada bodi motor menuju tulisan seat.

2. Tekan Tombol Seat

Jika tuas kunci sudah diarahkan menuju tulisan Seat, kemudian tekan tombol seat yang berada di sebelah tuas kunci. Dengan demikian jok akan otomatis terbuka dan Otolovers tinggal mengangkat bagian jok untuk membukanya. 

Setelah Otolovers mengetahui bagaimana cara membuka jok Honda Scoopy ini, tidak afdol rasanya jika tidak melihat spesifikasi dari skuter matic yang satu ini. Dilansir dari laman resmi Astra Honda Indonesia, berikut adalah spesifikasi Honda Scoopy. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya