Terciduk Diangkut Truk, Ini Bocoran Spesifikasi Daihatsu Sirion Facelift

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Apr 2022, 11:10 WIB
Diperbarui 29 Apr 2022, 11:10 WIB
Kembaran Daihatsu Sirion di Malayasia, yakni Perodua Myvi (Perodua)
Kembaran Daihatsu Sirion di Malayasia, yakni Perodua Myvi (Perodua)

Otosia.com Belum lama ini Daihatsu Sirion facelift  tertangkap kamera sedang diangkut truk di area Karawang, Jawa Barat. Mobil tersebut masuk dalam video reportase terkait arus mudik lebaran di akun YouTube resmi Liputan6, Minggu (24/4/2022).

Meski belum dikonfirmasi oleh Daihatsu, diduga kuat truk tersebut mengangkut versi terbaru dari Daihatsu Sirion. Hal ini terlihat dari kemiripan tampilan, layaknya Perodua Myvi facelift yang diperkenalkan tahun lalu.

Paling menonjol adalah hilangnya rumah lampu kabut yang menjadi salah satu penanda model Sirion sebelumnya. Bagian tersebut digantikan oleh Daytime Running Lights (DRL) LED yang memanjang ke bawah.

Unit yang terpergok tersebut menampakkan bentuk bumper dan lampu depan baru, sekaligus desain grill yang berbeda. Pelek yang dipasangkan nampak tidak jauh berbeda dengan model saat ini.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/dit)

Next

Tanpa ASA

Fitur PSDA yang absen di Sirion terbaru (Perodua)

Hanya saja fitur canggih Advanced Safety Assist (ASA) tidak dibenamkan pada Sirion baru. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan di Daihatsu Rocky dan berlanjut ke Xenia terbaru.

Hal ini terungkap di situs Samsat DKI Jakarta, di mana Daihatsu Sirion teranyar yang didaftarkan tanpa adanya "ASA".  Fitur Lane Keep Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Collision Mitigation Braking System (CMBS) dan Pedal Misoperation Control tidak tersedia pada mobil ini.

Padahal kembarannya di negeri jiran, yakni Perodua Myvi, tersedia dengan teknologi canggih tersebut. Perodua menyebut fitur tersebut sebagai Perodua Smart Drive Assist (PSDA) yang lengkap, termasuk Adaptive Cruise Control (ACC).

Next

Transmisi CVT

Daihatsu Sirion facelift sedang diangkut (YouTube/Liputan6)

Untuk sektor performa, Daihatsu Sirion anyar mendapatkan perubahan. Transmisi otomatis 4 percepatan bawaannya digantikan oleh transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang dinilai lebih efisien dan meningkatkan akselerasi.

Yang menarik, Samsat DKI Jakarta tidak mencatat adanya model dengan transmisi manual. Dengan kata lain, Sirion terbaru boleh jadi hanya tersedia dengan opsi CVT saja.

Next

Sementara mesin yang digunakan tidak berubah. Daihatsu mempertahakan jantung pacu 1.300cc naturally aspirated 1NR-VE dengan semburan tenaga 95 PS dan torsi 120 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD).

Pilihan mesin ini lagi-lagi berbeda dengan Perodua Myvi. Selain mengusung mesin 1.300cc dari model sebelumnya, di Malaysia tersedia dengan mesin 1.500cc berkode 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 103 PS dan torsi 136 Nm.

Harga mobil ini masih teka-teki. Namun data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk Sirion terbaru mencatat angka Rp 160 juta untuk tipe X, atau Rp 167 juta untuk varian R.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya