Uji Benturan, Seberapa Aman All New Honda HR-V Saat Tabrakan?

Oleh Redaksi Otosia pada 26 Apr 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 26 Apr 2022, 19:30 WIB
All New Honda HR-V sedang uji tabrak di Eropa (Euro NCAP)
All New Honda HR-V sedang uji tabrak di Eropa (Euro NCAP)

Otosia.com PT Honda Prospect Motor belum lama ini memperkenalkan Honda HR-V terbaru. Mobil tersebut mendapatkan beragam perubahan, mulai dari eksterior hingga sektor performanya.

Dibekali serangkaian fitur-fitur yang bisa dilihat dan dirasakan secara langsung, bagaimana dengan tingkat keselamatan dan keamanannya saat terjadi tabrakan secara langsung?

 (kpl/dit)

Next

Untuk melihat tingkat keselamatan All New Honda HR-V, para penguji dari Euro New Car Assessment Programme (NCAP) baru-baru ini mengetes tabrak Honda HR-V terbaru.

Melansir situs euroncap.com, Senin (25/4/2022), All New Honda HR-V yang diuji benturan mempunyai spesifikasi yang sedikit berbeda dengan Indonesia. Mobil ini mempunyai mesin hybrid dan secara standar sudah dilengkapi 6 airbags.

Pengetesan yang dilakukan termasuk keselamatan untuk penumpang dewasa, anak-anak, pejalan kaki dan sistem keselamatan aktif Honda Sensing bawaannya.

Hasil

All New Honda HR-V uji tabrak bagian samping (Euro NCAP)

Dari hasil uji tabrak Euro NCAP, All New Honda HR-V mendapatkan 4 bintang. Pada dasarnya mobil ini mempunyai tingkat keselamatan yang baik untuk orang dewasa. Hanya saja pelindung benturan samping dinyatakan pas-pasan.

Pasalnya tabrakan tersebut bisa melontarkan pengemudi atau penumpang ke sisi lainnya. Hal ini bisa dibuat lebih baik, jika Honda mempunyai airbags di bagian tengah kursi.

Next

Sedangkan untuk keselamatan anak-anak, All New Honda HR-V dinyatakan baik atau cukup, terutama untuk bagian tubuh yang vital.

Kendati demikian Euro NCAP mencatat bahwa pada saat tabrakan, sabuk pengaman dari dummy yang berukuran seperti anak umur 10 tahun itu lepas dari pundaknya. Tidak hanya itu tabrakan dari samping juga mengindikasikan pengamanan yang minim untuk bagian kepalanya.

Next

Ilustrasi sabuk pengaman dummy anak umur 10 tahun lepas saat tabrakan (Euro NCAP)

Kedua hal tersebut menjadi alasan utama kenapa Honda HR-V tidak bisa mendapatkan 5 bintang.

Sementara keselamatan untuk pejalan kaki juga dinyatakan baik atau cukup, terkecuali bagian pilar kaca yang terlalu keras untuk kepala manusia dan bagian paha kurang aman karena terkena bagian dari kap mesin.

Terakhir adalah teknologi keselamatan aktif dinilai positif. Honda Sensing bawaannya menggunakan sistem kamera yang bisa mengerem otomatis saat ada orang melintas dengan Auto Emergency Braking dan mengembalikan pengemudi ke jalur yang benar melalui Lane Keep Assist.

Secara total, nilai keselamatan untuk orang dewasa mencapai 82%, anak-anak sebesar 75%, untuk pejalan kaki di angka 72% dan teknologi active safety bawaannya mendapatkan nilai 78%.

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya