Daihatsu Sirion Facelift Mendarat di Indonesia, Segera Meluncur?

Oleh Redaksi Otosia pada 26 Apr 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 26 Apr 2022, 10:00 WIB
Daihatsu Sirioin facelift terciduk sedang diangkut truk di area Karawang, Jawa Barat (YouTube/Liputan6)
Daihatsu Sirioin facelift terciduk sedang diangkut truk di area Karawang, Jawa Barat (YouTube/Liputan6)

Otosia.com City car Daihatsu Sirion sudah cukup lama mengaspal di Indonesia. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) teralkhir memberikan penyegaran ringan di tahun 2020 silam.

Kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia, yakni Perodua Myvi, lebih dulu menerima facelift menjelang akhir tahun 2021. Mobil itu disematkan beragam perubahan, mulai dari bagian eksterior hingga teknologi keselamatan. 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Yang menarik, ADM sebenarnya hendak meluncurkan Sirion tebaru menjelang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 kemarin. Namun pada saat itu Malaysia sedang mengalami lock-down, sehingga harus ditunda.

"Sebenarnya kita planning untuk meluncurkan (New Sirion) pas GIIAS kemarin. Tapi karena Malaysia lagi lockdown berat, akhirnya tertunda," ungkap Adrian Kosim, Product Marketing Specialist ADM, pada kesempatan lalu.

Sedang diangkut

Daihatsu Sirion facelift sedang diangkut (YouTube/Liputan6)

Kini debut Daihatsu Sirion facelift makin dekat, lantaran versi terbatu mobil ini sudah mendarat di Indonesia. Hal ini terkuak dari sebuah video reportase terkait arus mudik 2022 yang diunggah akun YouTube Liputan6, Minggu (24/4/2022).

Sekitar menit ke-3, terkuak sebuat truk angkut mobil yang diduga kuat sedang membawa Daihatsu Sirion terbaru. Meski belum dikonfirmasi oleh Daihatsu, ada beberapa bagian yang menunjukkan bahwa mobil ini adalah Sirion facelift.

Next

Paling mencolok adalah fascia depan yang berbeda dengan model yang dijual saat ini. Mobil perkotaan ini sudah mengusung tampilan New Perodua Myvi, dengan desain bumper baru dan housing lampu kabut yang menghilang.

Sebagai gantinya, ada garis memanjang ke bawah yang dipasangkan Daytime Running Lights (DRL) LED. Perubahan lain mencakup grill depan baru, bentuk lampu sedikit berbeda dan garnish baru di bagian bawah bumper depan.

Spesifikasi

Kembaran Daihatsu Sirion, Perodua Myvi versi facelift (paultan.org)

Spesifikasi Daihatsu Sirion terbaru di Indonesia masih menjadi misteri. Namun beberapa bagian, seperti mesin dan transmisi yang digunakan, terungkap pada situs Samsat DKI Jakarta.

Pasalnya mobil ini masih dibenamkan mesin yang sama, yakni 1.300cc naturally aspirated berkode 1NR-VE dengan semburan tenaga 95 PS dan torsi 120 Nm. Hal ini cukup berbeda dengan kembarannya dari Negeri Jiran yang tersedia dengan pilihan mesin 1.500cc 2NR-VE dengan output 103 PS dan torsi 136 Nm.

Next

Sedangkan transmisi New Daihatsu Sirion akan mendapatkan perubahan. Sama seperti Myvi, mobil ini akan disematkan girboks D-CVT untuk menggantikan transmisi otomatis 4 percepatan pada model sebelumnya.

Sementara sistem keselamatan pada versi terbaru Sirion berpotensi tidak mengalami perubahan. Berbeda dengan mobil Daihatsu lainnya, Sirion didaftarkan tanpa adanya "ASA" atau Advanced Safety Assist.

Tidak heran jika fitur seperti Collision Mitigation BrakingLane Departure Warning dan Lane Keep Assist, kemungkinan besar masih absen pada mobil ini.

Untuk patokan harga, data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Daihatsu Sirion facelift berada di angka Rp 160 juta untuk tipe X dan Rp 167 juta untuk tipe R.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya