Cara Membersihkan Plafon Mobil Agar Terhindar dari Kerak Membandel

Oleh Redaksi Otosia pada 22 Apr 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 22 Apr 2022, 14:30 WIB
Ilustrasi atap mobil (Otosia)
Ilustrasi atap mobil (Otosia)

Otosia.com Ketika Otolovers memiliki kendaraan, tanggung jawab membersihkan menjadi hal yang utama. Karena jika tak dibersihkan secara rutin dapat menimbulkan kerusakan di bagian mesin maupun bodi. 

Pembersihan ini harus dilakukan secara berkala, minimal sebulan sekali hingga dua kali. Apabila Otolovers malas untuk membersihkan, sebaiknya menuju salon mobil agar dapat ditangani sesegera mungkin.

Selain pentingnya membersihkan area mesin atau bodi luar, interior juga perlu diperhatikan, seperti plafon. Di sisi ini biasanya rentan dihinggapi debu atau kotoran yang menimbulkan kerak membandel. Dikutip dari laman resmi Nissan Indonesia, berikut cara membersihkan plafon mobil yang dapat diterapkan di rumah.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/ahm)

Alat-Alat Pembersih

Sebelum masuk pada cara pembersihan, ada baiknya jika Otolovers menyiapkan beberapa peralatan tempur terlebih dahulu. Alat yang harus disiapkan adalah kain, air, dan cairan pembersih fabric. Jika sudah tersedia semua, kalian dapat mengikuti beberapa tahapan pembersihan di bawah ini.

Cara membersihkan Plafon Mobil

1. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan membasahi kain microfiber, namun perlu diperhatikan, jika kain tidak boleh terlalu basah. Hal ini disebabkan, kain yang terlalu basah akan menyebabkan plafon menjadi lembab yang menyebabkan bau dan kerusakan pada mobil.

2. Setelah kain sudah dibasahi, usapkan pada area plafon secara pelan-pelan agar tidak rusak ataupun sobek.

Next

3. Jika di area plafon dijumpai noda yang membandel, sebaiknya Otolovers menggunakan bantuan dari cairan pembersih khusus. Penggunaannya dengan menuangkan tuangkan pada kain, jangan menyemprotkan langsung pada plafon mobil, usapkan kain dan cairan pembersih hingga noda tersebut hilang.

4. Cara terakhir untuk membersihkan plafon adalah menggosok menggunakan kain dengan lembut dan searah dengan serat plafon mobil. Membersihkan dengan metode ini dapat menjaga serat plafon tetap rapi dan tidak cepat rusak. Disarankan agar menghindari penggunaan vacuum cleaner, karena daya hisap vacuum yang kuat dapat membuat serat pada plafon mobil cepat mengendur.

Demikian, beberapa cara untuk membersihkan plafon mobil yang dapat diterapkan di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Otolovers semuanya.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya