Begini Cara Mematikan GPS Mobil, Sudah Tahu Belum?

Oleh Redaksi Otosia pada 20 Apr 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 20 Apr 2022, 21:30 WIB
Ilustrasi GPS mobil (Discovery.com)
Ilustrasi GPS mobil (Discovery.com)

Otosia.com Sejatinya fungsi utama dari GPS adalah untuk melacak keberadaan mobil. Hal ini sangat berguna demi keamanan sebuah mobil itu sendiri. Dengan adanya GPS ini diharapkan Kejadian pencurian dapat berkurang, karena berkat bantuan fitur ini pemilik kendaraan dapat mencari langsung keberadaan mobilnya. 

Namun, terkadang tidak semua pemilik mobil merasa belum membutuhkan fitur ini sehingga ingin mematikannya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara mematikan GPS mobil. 

 (kpl/ahm)

Melalui Aplikasi

Umumnya GPS yang menempel di dalam mobil terhubung dengan ponsel. Dengan demikian proses mengaktifkan, mengontrol, melacak, hingga menonaktifkan dapat dilakukan via aplikasi. Cara mematikannya cukup mudah, hanya buka saja aplikasi tersebut di smartphone dan pilih menu untuk mematikan fungsi GPS. 

Mengirimkan SMS

Selain menggunakan aplikasi, mematikan GPS juga dapat dilakukan menggunakan pesan singkat atau SMS yang dikirimkan ke nomor tertentu. Pengiriman pesan singkat ini dengan menggunakan format singkat untuk menonaktifkan fungsi GPS di dalam mobil.

Untuk mengetahui nomor dan format pesannya, sebaiknya Otolovers menanyakan ke pihak penyedia aplikasi GPS atau  dapat melihat di buku panduan pengguna. 

Menggunakan GPS Jammer

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan GPS jammer. Alat ini merupakan pendeteksi sinyal pada perangkat pelacak yang sekaligus bisa menghilangkan sinyal GPS.

Kinerja GPS jammer ini sendiri dengan diletakkan di dalam kabin mobil dan menunggu selama lima menit. kemudian, sinyal GPS yang dipancarkan oleh sistem dalam mobil akan hilang. 

Tetapi, cara ini sebenarnya kurang direkomendasikan bagi Otolovers, karena GPS jammer bisa menghilangkan sinyal, maka jauh lebih baik jika menghindari cara yang satu ini. Karena, saat sinyal hilang, maka tidak ada yang bisa mendeteksi keberadaan mobil, sekali pun itu pemiliknya. 

Demikian, cara mematikan GPS pada mobil Otolovers. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya