Suzuki Luncurkan Ertiga Facelift, Ini Perubahannya

Oleh Redaksi Otosia pada 19 Apr 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2022, 12:00 WIB
Suzuki Ertiga facelift (marutisuzuki.com)
Suzuki Ertiga facelift (marutisuzuki.com)

Otosia.com Setelah beberapa kali terciduk sedang tes jalan, Suzuki resmi memperkenalkan versi terbaru Ertiga. Perubahan yang disematkan sebatas facelift atau belum berganti model secara total. Bahkan beberapa bagian mobil ini tidak mengalami perubahan signifikan.

Melansir autocarindia.com, Senin (18/4/2022), peluncuran Ertiga facelift berlangsung secara virtual di India. Mobil yang ditunjukkan tidak berbeda jauh dengan kumpulan render yang tersebar sebelumnya.

Eksterior Ertiga terbaru bisa dikatakan masih minim ubahan. Maruti Suzuki India masih mengandalkan desain yang sudah cukup berumur, mengingat mobil ini debut perdana di tahun 2018 silam. 

 (kpl/dit)

Next

Suzuki Ertiga facelift mendapatkan 4 airbags (rushlane.com)

Perbedaan luar tergolong minim, yakni grill dan pelek. Grill depan mobil ini mengikuti pola kepunyaan Baleno facelift dan pelek yang digunakan berupa model jari-jari dengan kombinasi warna two tone.

Hal yang sama juga ditemukan di dalam kabinnya, di mana Suzuki menyegarkan Ertiga melalui beberapa perubahan minor. Pasalnya Ertiga facelift kini mengusung kombinasi warna kabin yang berbeda, head unit baru SmartPlay Pro berukuran 7 inci, dan jumlah airbags bertambah menjadi 4.

Sementara fitur andalan lainnya, seperti pendingin minuman di cupholder depan, AC digital otomatis, AC double blower dan armrest untuk baris kedua, masih dipertahankan pada model terbaru ini.

Mesin baru

Suzuki Ertiga facelift mendapatkan mesin baru (marutisuzuki.com)

Perubahan paling mencolok pada Ertiga facelift terletak pada konfigurasi mesinnya. LMPV ini kini disematkan mesin 1.500cc DualJet Smart Hybrid untuk menggantikan mesin lamanya K15B.

Jantung pacunya menghasilkan output 103 hp dan torsi 136.8 Nm. Pada sistem hybridnya, tersedia teknologi Idling Start StopBrake Energy Regeneration dan Torque Assist.

Khusus di India, Ertiga facelift juga bisa dipinang dengan versi Compressed Natural Gas (CNG) yang diklaim lebih hemat bahan bakar.

Next

Sisi belakang Suzuki Ertiga facelift (marutisuzuki.com)

Varian CNG memiliki performa lebih rendah dengan tenaga 87 hp dan torsi 121.5 Nm atau naik menjadi 100 hp dan torsi 136 Nm, jika diisi dengan bahan bakar konvensional. Tipe ini juga hanya bisa dibeli dengan transmisi manual.

Selain itu Ertiga facelift juga memboyong transmisi baru. Pilihan transmisi otomatis kini tersedia dengan 6 percepatan dan ditambahkan paddle shifts di belakang setir untuk mengganti gigi. Opsi transmisi manual tetap menggunakan 5 pecepatan.

Untuk harga, Suzuki Ertiga facelift dibanderol mulai dari 835.000 Rupee atau Rp 157,2 juta (dengan kurs 1 Rupee = Rp 188,28), hingga 1.279.000 Rupee atau Rp 240,8 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya