Tampil Lebih Menggoda, Hyundai Beri Penyegaran Palisade

Oleh Redaksi Otosia pada 15 Apr 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2022, 09:00 WIB
Hyundai Palisade facelift (carscoops.com)
Hyundai Palisade facelift (carscoops.com)

Otosia.com SUV bongsor Hyundai Palisade terbilang cukup laris di Indonesia. Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahun lalu mobil ini mencatat penjualan sebanyak 1.442 unit.

Meski meluncur di Indonesia tahun 2020, versi terbaru dari Hyundai Palisade baru-baru ini diperkenalkan secara resmi. Melansir carscoops.com, Kamis (14/4/2022), Hyundai resmi merilis Palisade facelift di New York International Auto Show 2022.

Mobil ini menerima beragam penyegaran, termasuk di sektor interiornya, namun masih menggunakan basis yang sama dari Palisade model sebelumnya. 

 

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/dit)

Eksterior dan interior

Hyundai Palisade facelift (Car and Driver/Michael Simari)

Sosok Hyundai Palisade facelift menjadi lebih segar dengan beberapa perubahan di eksteriornya. Paling mencolok adalah grill baru yang lebih besar dan tegas, versi mengotak dari grill Hyundai Creta. Bahkan dua kotak di bagian luar berfungsi untuk lampu senja, sekaligus lampu sein.

Daytime Running Lights (DRL) dan lampu utama mobil ini juga berubah. Garis besar DRL kini menjadi lebih tegak lurus dan diposisikan di luar lampu utama. Sedangkan headlights mobil ini, berupa sepasang lampu projector bertingkat, diletakkan lebih ke dalam bumper.

Next

Hyundai Palisade facelift juga disematkan pelek bermotif multi spoke dengan ukuran 20 inci. Perubahan eksterior lainnya terlihat pada bentuk bumper depan berbeda dan bumper belakang kini dipasangkan underguard berwarna perak yang lebih besar nan memanjang.

Sementara perubahan di bagian kabin SUV bongsor ini terbilang cukup discreet. Hyundai menyematkan lingkar kemudi empat palang, bentuk ventilasi AC yang berbeda, dan head unit berukuran 12 inci.

Tidak hanya itu, kursi pengemudi kini mempunyai fitur "Ergo" yang didesain untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kelelahan selama perjalanan jauh, spion tengah kini bisa dialih fungsikan menjadi kamera, dan kursi baris ketiga tersedia dengan fitur pemanas.

Keselamatan dan performa

Dasbor Hyundai Palisade facelift (carscoops.com)

Varian facelift ini mendapatkan improvement di bagian keselamatan dengan adanya 9 airbags (termasuk untuk baris ketiga), Remote Park Assist untuk membantu mobil keluar masuk dari parkiran dan teknologi Forward Collision Mitigation dan Highway Driving Assist kini lebih canggih.

Yang berbeda dengan Indonesia, Hyundai Palisade di Amerika Serikat secara standar sudah dilengkapi dengan peranti Hyundai Smartsense. Maka fitur seperti Dynamic Radar Cruise ControlLane Keep Assist dan Blind View Monitor sudah tersedia dari model sebelumnya.

Next

Sektor performa Hyundai Palisade facelift tidak berubah. Di negeri Paman Sam, mobil ini masih mengusung mesin 3.800cc V6 Atkinson Cycle dengan output 295 PS dan torsi 355 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) atau seluruh roda (AWD) melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Jika Hyundai Palisade facelift diboyong ke tanah air, kemungkinan besar mesin yang digunakan adalah 2.200cc CRDi yang menghasilkan tenaga 200 PS dan torsi 441 Nm. Sama seperti versi Amerika Serikat, Palisade lokal juga menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan dan tersedia dengan varian FWD atau AWD.

Hyundai Palisade facelift akan masuk ke diler-diler di Amerika Serikat pada musim panas, meski harga mobil ini belum diumumkan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya