Ciri-ciri Kampas Kopling Motor Habis, Jangan Sampai Telat Ganti

Oleh Redaksi Otosia pada 13 Apr 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 13 Apr 2022, 20:30 WIB
Ilustrasi motor kopling (Istimewa)
Ilustrasi motor kopling (Istimewa)

Otosia.com Dalam sepeda motor tentunya memerlukan beberapa komponen untuk menunjang kinerjanya agar terjaga dalam performa yang prima. Salah satu komponen yang dibutuhkan oleh sepeda motor untuk menjaga kualitas performanya adalah kampas kopling.

Kampas kopling sendiri memiliki tugas untuk memutus dan mengalirkan tenaga mesin dari poros engkol menuju transmisi. Komponen yang satu ini juga memiliki kemiripan dengan beberapa part lain dari segi ketahanan maupun usia pakai. 

Disarankan bagi Otolovers untuk mengecek kampas kopling setiang pemakaian 12.000 km ataupun 12 bulan. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui bagaimana kondisi kampas, apakah masih dapat digunakan ataupun tidak. 

Akan tetapi, jika kampas kopling sudah akan habis/aus maka akan menunjukkan beberapa tanda yang dapat dirasakan langsung oleh para penggunanya. Dikutip dari laman resmi Astra Honda Indonesia, berikut ciri-ciri saat kopling motor habis.

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Akselerasi Mesin Menurun

Ketika kampas kopling aus, performa yang diberikan tentunya juga tidak akan semaksimal ketika masih baru. Kondisi ini mengakibatkan kinerja mesin menjadi kurang responsif di setiap posisi gearnya, karena mesin dipaksa untuk berputar lebih tinggi saat kondisi normal. Akibatnya, motor akan mengalami kesulitan untuk mencapai kondisi maksimum. 

Kopling Selip

Ciri-ciri kedua yang dapat dirasakan saat kampas kopling aus adalah sulitnya memindahkan gigi menuju posisi netral. Tak hanya itu, gejala lain yang dapat dirasakan adalah mengalami selip saat pemindahan gear. Kondisi ini disebabkan oleh berkurangnya kualitas cengkraman kampas terhadap plat gesek.

Mesin Mudah Panas

Saat berkurangnya kualitas cengkraman kampas terhadap plat gesek menyebabkan kedua komponen ini sering bergesekan dan menyebabkan mesin akan cepat panas. Tidak hanya itu, faktor lain yang menyebabkan overheat adalah mesin yang bekerja pada RPM tinggi.

Demikian, ciri-ciri kampas kopling saat akan habis, jika Otolovers mengalami salah satu gejala di atas, disarankan agar segera mengganti kampas kopling.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya