Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan saat Naik Mobil

Oleh Redaksi Otosia pada 04 Apr 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 04 Apr 2022, 21:30 WIB
Ilustrasi mabuk perjalanan (lewisreedgroup.co.uk)
Ilustrasi mabuk perjalanan (lewisreedgroup.co.uk)

Otosia.com Bepergian merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh masyarakat, terlebih di Indonesia. Masyarakat Indonesia sangat gemar bepergian seperti liburan, pulang kampung, urusan bisnis, atau hanya sekedar untuk mencari angin.

Namun, tentunya saat melakukan perjalanan akan terasa terganggu jika mengalami mabuk saat berada di kendaraan. Umumnya kondisi ini terjadi ketika Otolovers salah dalam posisi duduk ataupun melewati jalanan yang rusak sehingga mengakibatkan guncangan.

Tetapi Otolovers tak perlu khawatir, karena kondisi ini dapat dicegah dengan beberapa tips. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah mabuk perjalanan.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

  1. Jangan Makan dengan Porsi besar

Saat akan melakukan perjalanan, faktor yang penting untuk diperhatikan adalah kondisi perut. Mengisi perut sebelum perjalanan sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga konsentrasi, akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah porsi makanan. Sebaiknya Otolovers jangan makan yang berlebihan karena dapat mengakibatkan mual dan pusing saat terkena guncangan.

Next

  1. Minum Obat Mual

Tips kedua yang dapat Otolovers lakukan adalah dengan meminum obat anti mual sebelum perjalanan. Efek yang akan ditimbulkan setelah meminum obat ini adalah rasa ngantuk, sehingga selama perjalan Otolovers akan tertidur dan tak merasakan mabuk perjalanan. 

  1. Makan Snack/Makanan Ringan

Apabila saat perjalanan Otolovers merasa mual dan muntah, sebaiknya sesegera mungkin untuk meminum air mineral. Hal ini dikarenakan sesaat setelah muntah tubuh akan kehilangan cairan dan mengakibatkan dehidrasi. Selain itu memakan makanan ringan juga dapat membantu mengisi kembali perut yang kosong akibat dari muntah.

Next

  1. Memejamkan Mata dan Istirahat

Memejamkan mata dan istirahat sejenak menjadi solusi yang terbaik saat Otolovers sudah merasa mual dan ingin muntah dalam perjalanan. Perlu diperhatikan, posisi kepala harus tetap stabil agar tidak menambah rasa pusing. 

  1. Makan Permen

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mencegah mabuk perjalanan adalah dengan memakan permen. Permen sendiri memiliki fungsi untuk menekan produksi asam lambung imbas dari mabuk perjalanan. Otolovers disarankan untuk memilih permen dengan rasa mint atau buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, atau lemon.

Demikian cara menghindari mabuk perjalanan yang dapat Otolovers terapkan sebelum berangkat agar tak mengalami pengalaman yang kurang baik efek dari mabuk perjalanan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya