Curhat Pemotor Pengguna Pertamax, Kaget Ongkos Isi Full Tank Naik Drastis

Oleh Redaksi Otosia pada 04 Apr 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 04 Apr 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi pengisian BBM di SPBU (Otosia.com/Nazarudin Ray)
Ilustrasi pengisian BBM di SPBU (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Otosia.com PT Pertamina telah menaikkan harga BBM jenis Pertamax mulai 1 April 2022 lalu, dari yang sebelumnya Rp9.000 menjadi Rp12.500. Penyesuaian harga BBM ini pun menuai protes dari berbagai pihak, banyak pengendara pun yang mengeluh.

Seorang pria pemilik akun TikTok @onayhart salah satunya. Melalui video yang diunggah sehari lalu, ia mengaku kaget saat mengisi penuh tangki motornya dengan Pertamax

"Rakyat kecil makin menjerit dengan naiknya bbm yg amat sangat terasa ini ????apa kabar ibu2 yg minyak goreng pun naek nya ga pake bismillah," tulisnya.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Syok

Awalnya Roni hartono sedang mengantre di SPBU untuk mengisi bensin motornya. Kala itu ia mengaku baru pertama kali isi BBM usai kenaikan harga Pertamax.

Namun Roni hartono kaget saat mengisi penuh tangki motornya. Bagaimana tidak, ongkos yang harus ia keluakan untuk mengisi Pertamax naik drastis.

"Aku shock dong biasanya aku isi full tang 50ribu udah luber2 dan skrg aku isi full tang jadi 72 ribu," tulisnya.

Next

Karena itulah Roni hartono merasa seperti dirampok. Sebab ia sampai mencari uang receh untuk membayar pengisian BBM ini.

"Sumpah berasa di rampok sampe uang receh2nya aku keluarin, karena kata bpk2 di pom nya bayar nya harus cash," tulisnya.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 4 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka sama-sama mengeluh dengan kenaikan harga Pertamax

"biasax aku ngisih 20rb Pertamax bisa buat kerja 3 hari, skrg 20rb cuma sehari," tulis netizen

"bayangin aja 72.000 buat sehari doang dipakai apalagi kerja di lapangan. 72.000x30 hari = 2.160.000.gaji habis buat BBM aja," jelas Scorpionov2097

"pantesan biasanya 28rb udah full ini harus nambah 10rb lagi baru full," komentar hayooTebakk

"Biasanya bensin sisa 2 batang isi full cuma 20 ribu, kmrn iseng pas sisa 3 batang isi full ehh skrg 25 ribu," tulis P

"pantes baru aja beli smlm..biasanya full dengan sisa 2 garis biasanya 27 atau 28 ribu..eh smlm 37 ribu..ya allah," jelas Caca Aulia

Next

@onayhart Rakyat kecil makin menjerit dengan naiknya bbm yg amat sangat terasa ini ????apa kabar ibu2 yg minyak goreng pun naek nya ga pake bismillah ???????? #fyp? #fyp ? Hati Yang Kau Sakiti - Rossa

 

Next

Sah! Harga Pertamax Naik Jadi Rp12.500 Per Liter

Ilustrasi BBM (Liputan6.com)

PT Pertamina secara resmi telah menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax mulai 1 April 2022 pukul 00.00 WIB. Kini harga BBM dengan RON 92 ini naik menjadi Rp12.500 per liter.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Irto Ginting menjelaskan bahwa kenaikan Pertamax ini masih jauh dari nilai keekonomiannya.

Next

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kenaikan harga menjadi Rp 12.500 per liter (untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor /PBBKB 5%), dari harga sebelumnya Rp 9.000 per liter.

"Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak tahun 2019," jelas Irto Kamis (31/3/2022).

Next

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangan tertulisnya menyatakan dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dari Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp. 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp. 16.000 per liter.

Dengan demikian, penyesuaian harga Pertamax menjadi Rp12.500 per liter ini masih lebih rendah Rp3.500 dari nilai keekonomiannya. "Ini kita lakukan agar tidak terlalu memberatkan masyarakat," ujar Irto.

Dengan harga baru Pertamax, Pertamina berharap masyarakat tetap memilih BBM Non Subsidi yang lebih berkualitas. "Harga baru masih terjangkau khususnya untuk masyarakat mampu. Kami juga mengajak masyarakat lebih hemat dengan menggunakan BBM sesuai kebutuhan," pungkas Irto.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya