Ketahui Ciri-Ciri Oli Motor Harus Diganti Secepatnya

Oleh Redaksi Otosia pada 02 Apr 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 02 Apr 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi motor (AHM)
Ilustrasi motor (AHM)

Otosia.com Ketika telah lama menggunakan kendaraan seperti motor, ada baiknya Otolovers mengganti beberapa part secara berkala. Hal ini dikarenakan jika part tersebut tak diganti, maka akan menyebabkan kerusakan pada sektor mesin maupun lainnya. 

Salah satu part yang harus dengan rajin diganti adalah oli, cairan hitam ini sebaiknya diganti dalam waktu minimal sebulan sekali ataupun dua bulan sekali. Oli memiliki peran penting di dalam sebuah kendaraan, karena berfungsi sebagai pelumas part motor.

Tak hanya pelumas, mulus tidaknya suatu motor juga bergantung pada kondisi oli yang dipakai. Apabila keadaan oli tak bersih, maka kemungkinan besar mesin akan terasa kurang nyaman digunakan.

Biasanya ketika oli sudah kotor akan menunjukkan ciri-ciri pada kendaraan Otolovers. Dilansir dari laman resmi Astra Honda Indonesia, berikut ciri-ciri oli motor harus diganti.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Ciri-Ciri Harus Ganti Oli

  1. Warna Menghitam Pekat dan Tekstur Encer

Sejatinya jika kita melihat cairan oli pasti memiliki warna kuning ataupun biru, jika Otolovers melihat warna oli menjadi hitam ketika keluar dari motor, itu menandakan bahwa oli sudah terkena zat panas sisa pembakaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa oli yang telah berwarna hitam pekat dan encer dapat mengakibatkan mesin cepat aus. 

  1. Jika Kilometer melebihi 5.000

Apabila jarak tempuh otolovers sudah melampaui 5.000 kilometer maka sebaiknya penggantian oli harus segera dilakukan. Bahkan untuk motor matic perlu diganti jika jaraknya tempuhnya sudah 3.000 kilometer.

Next

  1. Volume Oli Mesin Kurang

Volume oli yang ada pada sepeda motor dengan kapasitas 150 cc ke bawah, rata-rata di bawah satu liter (sekitar 800 Ml). Akan tetapi seiring bertambahnya pemakaian mesin, volume tersebut dapat berubah. Beberapa faktor dapat mempengaruhi kondisi tersebut, seperti oli menguap saat kepanasan, oli masuk ke ruang bakar secara langsung melalui celah dari ring piston dan adanya kebocoran oli.

  1. Suhu Mesin Terasa Lebih Panas

Ketika keadaan oli semakin memprihatinkan, daya hantar panasnya akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan mesin akan terasa cepat panas karena penyebaran panas yang tak merata. Biasanya rasa panas akan terasa di area kaki yang mengalir dari area blok mesin. 

Next

5. Suara Mesin Transmisi Kasar

Ketika kualitas oli menurun, biasanya akan mengeluarkan tanda melewati suara mesin yang terdengar kasar. Hal ini disebabkan oleh kualitas oli mulai menurun akibat out of date maka daya lumasnya terhadap gear pada transmisi mengalami gangguan. 

Demikian, beberapa ciri-ciri oli motor harus diganti yang perlu Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu otolovers di rumah. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya